Oleh: Ahmad Faizuddin, S.Pd.I, M.Ed 

Model-Model Pendidikan Alternatif di Berbagai Negara (14) 

Central Park East Schools (Bagian Keenam) 

Kurikulum Pendidikan Central Park East Schools
Dalam edisi sebelumnya Penulis memberikan gambaran tentang kurikulum di Central Park East Schools yang mencakup arts (seni), cooking (memasak), writing (menulis), dan mathematics (matematika). Dalam edisi ini mari kita sambung dengan kurikulum science (sains), social studies (ilmu sosial), graduation requirements (syarat-syarat kelulusan), technology (teknologi), perceptual development (pengembangan bakat), child studies and description of work (pembelajaran dan pekerjaan anak). 

Science – Pelajaran sains di sekolah ini menitik-beratkan kepada eksperimen langsung dengan benda-benda yang ada di lingkungan sekitar. Tema kurikulumnya k e b a n y a k a n d i s e s u a i k a n dengan konsep pelajaran sains menurut New York City Performance Standars. Biasanya pelajar tingkatan rendah mengadakan eksperimen tentang serangga, kupu-kupu, dan ulat (larva). Mereka juga menggunakan pasir, air dan balok untuk mengukur dalam melakukan kegiatan berhitung.

Adapun pelajar taman kanak-kanak belajar tentang binatang yang ada ketika mereka berkunjung secara rutin ke kebun binatang Bronx atau pelajaran alam di Pelham Bay Park. Sementara pelajar tingkat tinggi belajar membuat projek, menyiapkan diagram, table dan laporan tertulis tentang pemahaman mereka dalam pelajaran fisika dan alam sekitar. Bahkan semua kelas mempunyai binatang sebagai pelajaran harian di sekolah. 

Social Studies – Kurikulum pelajaran ini disesuaikan berdasarkan phenomena sosial dan politik di dunia nyata. Penekanannya adalah pada pembentukan nilai-nilai demokratis. Selain pelajaranpelajaran umum seperti sejarah, georafi, dan ekonomi, pelajaran tentang kejadiankejadian dalam masyarakat yang sedang terjadi juga diangkat dalam kurikulum. Biasanya pengenalan tentang peta dimulai dari taman kanak-kanak dan baru dikenalkan dengan geografi dunia di kelas V. 

Graduation Requirements – Syaratsyarat kelulusan di sekolah ini berbeda dengan sekolah lainnya. Untuk lulus, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, yaitu pelajar mempunyai kemampuan yang bagus dalam membaca, menulis, mengadakan projek, literature review dan refleksi projek.  

Technology – Setiap kelas mempunyai computer, kecuali di tingkatan awal. Computer tersebut digunakan untuk mengetik, menyusun laporan, membuat survey, ilustrasi cerita, dan sebagainya. Sebagai hasilnya, pelajar di kelas 3 – 5 mampu menulis, mengedit dan merevisi tulisan secara mandiri. Mereka juga menggunakan kamera digital untuk mendokumentasikan kegiatan dan membuat gambar-gambar ilustrasi untuk laporan dan cerita. 

Perceptual Development – Staff di sekolah ini terlatih untuk membantu pelajar-pelajar yang mempunyai masalah lamban dalam belajar. Pendekatan pengembangan bakat (perceptual development) ini biasanya menitikberatkan k e p a d a k e g i a t a n f i s i k u n t u k mengembangkan kesiagaan anggota badan dan koordinasi otot, seperti kegiatan meniru (mirroring) dan permainan tangan untuk mengembangkan kontrol gerak tubuh. Ada juga latihan dengan suara, kata, angka, benda, dan imitasi untuk meningkatkan daya ingat visual dan auditory. Dua orang guru yang terlatih dalam bidang ini mengajarkan pendekatan tersebut di kelas. Bahkan guru drama/gerak juga menggunakan tehnik ini terhadap pelajar kelas atas. 

Child Studies And Description Of Work – Pembelajaran dan pekerjaan pelajar dikontrol secara teratur. Guru saling b e k e r j a s a m a u n t u k m e m b a n t u pengembangan akademik, sosial dan aesthetic setiap pelajar. Biasanya laporan tentang perkembangan pelajar dan kegiatan mereka akan dibahas dua kali sebulan pada Workshop Hari Sabtu (Saturday W o r k s h o p s ) , S e t e n g a h - H a r i Pengembangan Staff (Staff Development Half-Days), atau waktu libur sekolah. 

Insya Allah pada edisi selanjutnya akan kita lanjutkan dengan gambaran tentang kehidupan sehari-hari di sekolah Central Park East. 

Bibliography: 
Central Park East 1 Elementary School. Retrieved October 12, 2013 from http://www.centralparkeastone.or g. 

Central Park East II Elementary School. Retrieved October 12, 2013 from http://www.cpe2.org. 

© Akhi, 2014 (Gombak: 22/03, 10:30 a.m.)
SHARE :
 
Top