ads1

Oleh : Ahmad Faizuddin, S.Pd.I, M.Ed

Model-Model Pendidikan Alternatif di Berbagai Negara (16) 

Central Park East Schools (Bagian Kedelapan) 

Suasana Harian Central Park East Schools (2) 
Pada edisi sebelumnya kita telah melihat bagaimana suasana Hari Bersekolah, Bus Sekolah, dan Makan Siang di Sekolah Central Park East. Sekarang mari kira sambung dengan Waktu Istirahat, Kartu Darurat (Emergency Forms), Ketidakhadiran dan P e n j e m p u t a n Aw a l , s e r t a 

Komunikasi dan Kontak. 
Waktu Istirahat – Pelajar mempunyai waktu untuk makan siang selama 25 menit ditambah 25 menit masa istirahat. Pelajar tingkatan rendah (PreK/K/1) boleh makan di kelas masing-masing. Di ruang makan, para orang tua boleh masuk dan membantu anakanaknya dengan sukarela. Bahkan mereka dianjurkan untuk membantu anak-anak, seperti belajar tata-cara membersihkan tangan dan membuka container. Waktu makan ini juga menjadi ajang bagi para orang tua mengenal anak-anak dan temanteman mereka. Para orang tua harus sadar bahwa ini bukanlah waktu untuk bersosial, namun lebih diarahkan ke aktivitas sukarela membantu anak-anak makan. Kadang-kadang kalau cuaca cerah, maka waktu istirahat diadakan di halaman sekolah yang luas. Di lapangan terbuka seperti ini maka bantuan para orang tua akan sangat berarti. 

Kartu Darurat (Emergency Forms) – Pada awal tahun masuk sekolah, pihak keluarga akan diminta untuk mengisi 2 (dua) kartu berwarna biru untuk setiap anaknya. Kartu ini berisi kontak informasi dan daftar nama orang yang diperkenankan menjemput si anak di sekolah. Apabila ada perubahan maka harus segera dilaporkan ke pihak sekolah. 

Ketidakhadiran dan Penjemputan Awal – Apabila seorang anak tidak dapat hadir ke sekolah, maka sangat diharapkan supaya diberitahukan kepada pihak sekolah lengkap dengan tanggal dan alasan serta waktu kapan akan kembali ke sekolah, khususnya jika anak tersebut mempunyai gangguan kesehatan serius atau tidak dapat hadir sekolah lebih dari beberapa hari misalnya. Demikian juga kalau orang tua mau menjemput anaknya lebih awal untuk suatu keperluan, maka harus menjelaskannya di kantor sekolah. 

Komunikasi dan Kontak – Kebanyakan informasi sekolah seperti jadwal dan field trips akan dikirimkan ke rumah melalui tas ransel anak (backpack mail). Maka para orang tua diharapkan mengecek tas anaknya setiap hari, meskipun si anak berkata tidak ada apa-apa di dalamnya, kemudian merespon semua surat yang dikirimkan dengan segera. Beberapa guru ada yang mengirimkan update mingguan tentang kegiatan-kegiatan minggu sebelumnya dan yang akan datang. Catatan dan informasi tentang kegiatan sekolah juga dikirimkan secara berkala. Bagi para orang tua yang menginginkan untuk menerima informasi m e l a l u i e m a i l , m a k a m e r e k a b o l e h mendaftarkannya melalui Sekretaris Asosiasi Orang Tua (Parent's Association Secretary). Atau mereka boleh mengakses website sekolah y a n g d i u p d a t e s e c a r a b e r k a l a (www.centralparkeastone.org). 

Insya Allah pada bagian selanjutnya kita akan melanjutkan dengan isu sekitar program pendukung bagi keluarga si anak. 

Bibliography: 
Central Park East 1 Elementary School. Retrieved October 12, 2013 from http://www.centralparkeastone.org. 

Central Park East II Elementary School. Retrieved October 12, 2013 from http://www.cpe2.org. © Akhi, 2014 

(Gombak: 20/04, 1:00 p.m.)
SHARE :
 
Top