Oleh: Ahmad Faizuddin, S.Pd.I, M.Ed 

Model-Model Pendidikan Alternatif di Berbagai Negara (17) 

Central Park East Schools (Bagian Kesembilan) 

P r o g r a m - P r o g r a m P e n d u k u n g Keluarga 

Selain kegiatan belajar harian, Central Park East Schools juga menyediakan program-program pendukung bagi orang tua murid. Diantara program yang dijalankan adalah Parent Coordinator (Koordinator Orang Tua Murid), Special Service (Program Khusus), dan Afterschool Program (Kegiatan Setelah Sekolah). 

Parent Coordinator. Program Koordinator Orang Tua Murid ini dibuat sebagai jembatan advokasi antara pihak orang tua murid dan sistem persekolahan. Tujuannya adalah untuk membantu para orang tua murid mendapatkan informasi bagaimana caranya mereka bisa lebih aktif di sekolah dalam membantu pendidikan anakanaknya. Mereka bekerja-sama dengan S c h o o l L e a d e r s h i p Te a m ( T i m K e p e m i m p i n a n S e k o l a h ) , P a re n t Association (Asosiasi Orang Tua Murid) dan para staff untuk menjaga komunikasi dan kolaborasi dengan semua pihak. 
Special Service. Program ini bertujuan untuk memberikan jasa khusus bagi anakanak yang membutuhkannya. Sekolah bekerja-sama dengan orang-orang professional untuk memastikan anak-anak mereka dapat belajar secara maksimal. Diantara jasa-jasa yang disediakan adalah Perceptual Development Training (training untuk mengasah pemahaman matematika, konsentrasi, daya ingat dan mengeja), SETSS (Special Education Teacher for Support Services, guru pendidikan khusus), ahli percakapan dan bahasa, psikolog dan guru pembimbing. Afterschool Programs. Program ini bertujuan untuk membantu murid dalam membuat pekerjaan rumah mereka. Selain itu ada juga kegiatan tambahan seperti seni bela diri, seni rupa, dan seni music. Pilihan-pilihan program lainnya dapat diajukan melalui Koordinator Orang Tua Murid sesuai dengan bakat dan minat pelajar. 

Bibliography: 
Central Park East 1 Elementary School. Retrieved October 12, 2013 from http://www.centralparkeastone.org. 

Central Park East II Elementary School. Retrieved October 12, 2013 from http://www.cpe2.org. 

© Akhi (KL Sentral, 04.06.2014, 4:00 p.m.
SHARE :
 
Top