Adv

Adv

Lamuri-Ingin Jaya. Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Aceh Besar melaksanakan Rapat Koordinasi Rencana Kerja Anggaran Satuan Kerja (RKA-SK) Tahun Anggaran 2016, di ATC Center, Lambaro, Ingin Jaya Aceh Besar yang belangsung dua hari 16 - 17 April 2015. Kegiatan ini melibatkan seluruh Kepala dan operator keuangan Madrasah Ibtidaiyah, Tsanawiyah dan Aliyah di jajaran Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Besar.

Beberapa agenda Rakor meliputi Penyusunan dan Pembahasan Anggaran, Tata Cara Pengisian Buku RKA-SK dan Tata Cara Revisi Anggaran. Hadir sebagai Narasumber Kasi Pendidikan Madrasah Drs. Uzair yang menjelaskan kebijakan madrasah dalam pengelolaan anggaran dan proses pembelajaran, H. Khalid Wardana yang menjelaskan tentang status tanah wakaf dan hibah serta tata cara pengurusan sertifikat tanah madrasah, juga hadir narasumber dari Kasi Bimas Kankemenag Aceh Besar Drs. M. Zain, M.Pd dan Kasi Pokapontren Kankemenag Aceh Besar Azzahri, SH.

Sementara esok harinya menghadirkan pemateri Drs. Adnan yang menjelaskan tentang penyelenggaraan Haji dan Umrah serta pemateri dari Kasubbag Perencanaan Keuangan Kanwil Kemenag Aceh dan Kanwil DJPB Aceh.

Acara tersebut dibuka langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh yang baru, Drs. H.M. Daud Pakeh pada sore harinya. Dihadapan peserta  rapat koordinasi Daud Pakeh menyatakan tentang tujuan dari pelaksanaan rapat koordinasi ini yakni sebagai sarana silaturrahmi dan menyusun bagaimana rencana strategis yang seharusnya dilakukan untuk menyikapi tahun anggaran 2016 nanti. Madrasah saat ini sering mengalami kendala dimana anggaran yang telah disusun dan diusulkan namun terkadang ada yang tidak tercover dan tidak terpenuhi.

“Pelaksanaan rakor ini agar sesuai aturan, agar pelaksanaan rapat koordinasi penyusunan rencana kerja anggaran satuan kerja tahun anggaran 2016 ini tidak menyalahi aturan, untuk itu tentu sangat dibutuhkan data yang benar, ada beberapa ciri-ciri data yang baik yakni, akurat, relevan, lengkap dan tepat waktu serta harus akrual” pungkas Daud Pakeh.


Rakor tersebut mengambil tema mewujudkan rencana kerja anggaran yang valid, akuntabel dan penuh tanggungjawab di Lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Besar. (Abr)
SHARE :
 
Top