Lamuri-Sibreh. Sebanyak 32 santri pesantren Imam Syafi’I, Sibreh, Aceh Besar, mengikuti haflah (ujian qur’an) di masjid  Pesantren tersebut, senin (15/06). Haflah ini di adakan oleh bidang pengajaran pesantren imam syafi’i untuk siswa kelas 3 SMP dan MA sebagai syarat  kelulusan santri.

Untuk kategori SMP Santri di wajibkan menghafal  5 juz al-qur’an dengan rincian juz 30 - 26 .Sedang untuk tingkat MA 5 juz dengan rincian juz 1 - juz 5. Pada haflah tersebut santri juga akan di tes dengan 5 soal dengan durasi waktu 3 menit satu soal yang akan di berikan oleh dewan juri .

Tujuan di laksnakannya haflah ini untuk menguji hafalan qur’an santri sekaligus sebagai syarat mutlak kelulusan santri di pesantren tersebut. Haflah ini diharapkan menjadi program tahunan pesantren imam syafi’I dalam rangka mencetak generasi penghafal qur’an.

Penanggungjawab Kegiatan Haflah Ustad Abdurrahim menyebutkan haflah ini akan terus diadakan setiap tahunannya dan ke depan kegiatan ini akan lebih baik lagi” ujarnya pada pembukaan haflah tersebut.(Romi) 
SHARE :
 
Top