Lamurionline.com--Ternyata sebutan “Pidie Kriet (pelit)” masih tertanam di hati anak-anak kabupaten lain yang berada di Aceh. Padahal Pidie kriet itu hanya kesalahpahaman bagi masyarakat dahulu terhadap masyarakat Kabupaten Pidie.
Di era modern ini, saya pun terkejut ketika ditanya berasal dari mana? Pidie saya jawab, waahhh…Pidie terkenal dengan pelitnya. Apakah sebutan Pidie Kriet itu masih ditanamkan oleh orang tua terhadap anak-anaknya secara turun temurun? tanpa ada penjelasan sedikit pun latar belakang sebutan Pidie Kriet.
Sikap demikian bisa dimasukkan kedalam pencemaran nama baik kabupaten. Mungkin bagi masyarakat kabupaten Pidie tidak akan menerima terhadap sebutan tersebut.
Pidie Kriet (Pelit)
Setelah saya telusuri lebih banyak kenapa dikatakan dengan sebutan Pidie KrietPada jaman dahulu kabupaten Pidie mayoritas masyarakatnya sangat memuliakan para tamu, sehingga ketika para tamu datang berkunjung ke tempat saudaranya di Pidie, masyarakat Pidie melayaninya dengan sangat mulia seperti makanan dan minuman sangat dispecialkan. Bila tidak ada uang pun, mereka rela berhutang kesana kemari demi melayani tamunya.

Maka pada waktu itu, ditanyalah oleh seseorang yang berasal dari kabupaten yang lain. Kalau orang bertamu ke kabupaten Pidie, bagaimana cara melayaninya? yaa..”makanan dan minuman kami perkirakan”.
Ternyata kata-kata ini menimbulkan 2 penafsiran.
1. benar-benar pelit, sampai makanan dan minuman pun dihitung bagi para tamu yang datang ke rumah

2. benar-benar dimuliakan, sampai makanan enak-enak pun disediakan. Walaupun tidak ada uang, ngutang pun jadi, demi memuliakan para tamu yang datang ke rumahnya.


Uratan nomor 2 inilah yang dimaksudkan oleh orang Pidie, begitu dimuliakan para tamu yang datang kerumah.

Sedangkan orang kabupaten yang lain menafsirkan seperti yang nomor 1.
Mereka salah dalam menafsirkan makna dari kata-kata yang diungkapkan oleh orang Pidie. Kesalahpahaman tersebut dikarenakan mereka tidak bertanya maksud dari ungkapan tersebut. Sehingga dari generasi ke generasi masih tertanam di hati anak cucu mereka bahwa Pidie terkenal dengan sebutan “Pidie KrietAtjehcyber.com

  • Penulis : Muksalmina Mta
  • Sumber: Blog Khas Nusantara/ Kompasiana
SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top