Lamurionline.com-- Makkah : Kembali terjadi insiden di Kota Suci Makkah, Arab Saudi, menjelang pelaksanaan ibadah Haji. Hotel di pinggiran kota yang dipadati jamaah mayoritas berasal dari Asia terbakar. Api dilaporkan muncul di lantai delapan penginapan itu.
Kantor berita AFP melaporkan, Kamis (17/9), pemadam kebakaran kini telah memadamkan api. "Dua jamaah terluka akibat insiden itu," kata pejabat Bidang Pertahanan Sipil Saudi. 
Lebih dari 1.000 jamaah yang menginap di hotel itu, serta penginapan sekitarnya, diungsikan sementara. Pemerintah Saudi sementara ini masih enggan mengungkap nama hotel, alamat lengkapnya, serta identitas kebangsaan jamaah yang terluka karena kebakaran.
Hingga berita ini dilansir 1 juta jamaah dari seluruh dunia telah tiba di Tanah Suci untuk melaksanaan kewajiban sesuai rukun Islam. Namun, sebelum ritual haji dimulai pada 22 September mendatang, terjadi beberapa insiden.
Sebelum kebakaran hotel tadi pagi, publik masih ingat insiden jatuhnya alat berat crane di Masjidil Haram, menewaskan 111 jamaah pekan lalu.
Jika merujuk pada arsip data, insiden di Makkah terparah adalah saling injak di Terowongan Mina pada 1990. Pada musibah itu, 1.426 jamaah tewas karena berdesakan di lorong menuju lokasi lemprah jumroh. (merdeka)
SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top