Adv

Adv


                                                   Dalupa                                                           Mop-Mop                                                                       
Lamuri-Kota Jantho. Seni Drama Teater Tradisi Aceh Dalupa dan Seni Tradisi Mop-Mop yang telah lama dan hampir hilang kembali ditampilkan pada Kemah Seniman Ke 4 di Kota Jantho, Aceh Besar, Sabtu (12/09).

Dalupa merupaka kesenian dari Aceh Jaya. Dalupa adalah dua anak manusia “adik kakak” yang ditinggalkan orang tuanya di Hutan Rimba sehingga mereka lupa akan diri mereka sendiri. Menurut sumber lainnya Dalupa adalah panggilan untuk seorang pengawal pada jaman dulu yang memakai topeng dengan bahan “pureh jok” daun lidi enau yang saat sekarang di perani oleh orang yang masuk kedalam baju terbuat dari “pureh jok” daun lidi enau tersebut.

Sedang seni tradisi Mop-mop dari Sanggar Meurak Jeumpa Aceh asal Krueng Mane Aceh Utara merupakan seni Biola Aceh. Personilnya sudah tua-tua. Dua orang memerankan “Linto Baro” dan “Dara Baro” sementara satu orang lagi sebagai pemain “Mop-mop” atau biola Aceh. Kelucuan timbul saat sang pemeran Linto Baro dan Dara Baro terlibat konflik rumah tangga.

Nyak Man Lamjame, salah seorang pemeran seni mop-mop kepada wartawan menuturkan, acara seni tutur tersebut adalah teater rakyat khas dari Aceh Utara. Pada november 2013 mop mop telah berhasil tampil di tingkat nasional Di plaza Planetarium Taman Ismail Marzuki Jakarta, sebagai salah satu sanggar dari 10 sanggar seni terpilih se Indonesia menjadi katagori jenis kesenian unik khas dan langka.

Pada Februari lalu kesenian ini telah diseminarkan di Balai Pelestarian Nilai Budaya di Banda Aceh sebagai wacana pelestarian dan pengembangan, Pada semester ini mop mop telah masuk kedalam kurikulum prodi teater di ISBI Aceh.

“Kebangkitan mop mop pasca mati suri juga telah melahirkan seorang sarjana seni dari jurusan sendratasik unsyiah yang telah meneliti perjalanan mop mop meurak jeumpa aceh pasca mati suri. Manager Meurak Jeumpa Aceh” ungkap Nyak Man Lamjame. (Abr/BS/SA)
SHARE :
 
Top