ads1

Lamurionline.com--Aceh Utara: Tulisan tentang “Bola Piring: Permainan Tradisional dari Aceh”, masuk 50 karya pilihan terbaik se-Indonesia dalam lomba menulis anak tingkat nasional pada acara Konferensi Anak Indonesia 2015.
Lomba menulis anak tingkat nasional itu kerja sama Majalah Bobo dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan anak. Tema lomba diusung tahun ini, “Aku dan Kotaku”, meliputi subtema cerita: “Pengalaman Bermain di luar Rumah”, “Taman di Kotaku”, dan “Permainan Tradisional Kesukaannku”.
Dari 2.678 tulisan yang terdaftar dalam lomba menulis itu, salah satunya karya Zaharatul Muna, siswi kelas empat SD Negeri 2 Langkahan, Kabupaten Aceh Utara. SD itu berada di kawasan terpencil. Tulisan Zahara berjudul, “Bola Piring: Permainan Tradisional dari Aceh”, itulah masuk 50 karya pilihan terbaik se-Indonesia.
“Walaupun bersekolah di SD terpencil, saya harus bisa unjuk kemampuan dan bersaing dengan seluruh penulis cilik dari seluruh Indonesia,” katanya, Sabtu, 7 November 2015.
Dalam tulisannya, penyuka warna pink ini menceritakan keberadaan permainan tradisional yang sudah tidak digemari anak-anak, baik di kota maupun desa. Zahara berharap permainan bola piring itu dibangkitkan kembali dan dilestarikan.
Zahara membuat tulisan itu berdasarkan hasil pengamatannya di sekolah dan turut dibimbing guru.
“Saat ini penulis cilik seperti Zahara mulai bermunculan di Aceh. Kita bangga dan harus memerhatikan bibit-bibit penulis yang baru tumbuh ini agar masa yang akan datang lahir penulis andal dari Aceh yang dapat membawa nama baik daerah dalam kancah nasional dan internasional melalui bidang sastra,” kata Wengki, pengajar pada Lembaga Indonesia Mengajar di Aceh Utara. 
[ACEHXPress.com |]
SHARE :
 
Top