Adv

Adv

Teknologi semakin canggih, semua ilmu, berita atau informasi lainnya bisa didapatkan dengan mudah dan bisa di lakukan oleh semua usia dimanapun dan kapanpun. Pada saat sekarang ini internet sudah menjadi konsumsi yang sudah tidak tabu lagi, dikarenakan hampir semua kalangan menggunakan internet untuk berbagai macam keperluan seperti untuk mengerjakan tugas atau hanya sekedar mencari hiburan. Kecanggihan dari internet melebihi kepintaran seorang guru, karena seorang guru hanya mendalami satu atau hanya beberapa ilmu saja, sedangkan internet semua ada didalamnya. 

Memang itu tidak dapat di pungkiri, namun yang perlu di ketahui adalah seorang guru memiliki suatu ilmu yang yang tidak dimiliki di internet yaitu ilmu membimbing. Segala sesuatu yang canggih itu pasti ada keburukannya, kadang tidak disadari oleh para penggunanya atau karena kelalaian para pengguna- nya. 

Begitu halnya dengan internet, ada sisi baiknya dan ada pula sisi negatifnya. Disaat sudah terjadi kesalah-gunaan internet, maka guru bisa membimbing anak didiknya untuk mengembalikan pemahaman yang benar dan tidak terlarut dalam kesalahan atau kekeliruan dari internet tersebut. 

Disitulah kelebihan guru dari kecanggihan internet. Guru memiliki ilmu yang tidak dimiliki oleh internet. Seorang guru bisa mengetahui bagaimana kondisi anak didiknya, sehingga bisa memilih dan menyaring ilmu yang seperti apa yang akan diberikan kepada anak didiknya tersebut. 

Agar anak didiknya itu bisa menerima ilmu sesuai kondisi dan umur, sehingga tidak terjadi kesalah pahaman dalam penyerapan ilmu. Sedangkan internet tidak memandang kondisi maupun umur dari pengguna- nya, apa yang mau di ketahui oleh penggunanya maka akan muncul semua informasi, bahkan lebih dari satu sumber informasi. Jika pengguna internet tidak cermat, tidak menyaring dan tidak berkonsultasi lagi kebenaran informasi, maka ia akan menganggap informasi itu benar, padahal kadang itu informasi keliru. Internet juga merupakan buatan manusia, dimana manusia itu memiliki sifat dan karakter yang berbeda-beda, ada yang baik dan ada yang bersifat mengadu domba antara informasi yang benar dengan kenyataan yang sedang terjadi di masyarakat. 

Apalagi dalam hal Agama atau keyakinan seseorang. Banyak informasi yang menyimpang dari kebenaran. Lagi-lagi setiap pengguna internet harus lebih teliti dan cermat dalam mengambil s u a t u i n f o r m a s i t e r u t a m a permasalahan keyakinan. Jangan hanya mengnadal-kan satu sumber saja. 

Di zaman yang serba smart seperti sekarang ini internet dan guru tidak untuk dipisahkan, karena mereka (red.internet dan guru) memiliki peranan yang berbeda. Kecanggihan internet bukan untuk mengenyamping- kan seorang guru. Kecanggihan internet untuk memudahkan orang dalam mencari informasi terkini dan memudahkan untuk mendapatkan informasi yang lebih dari satu dalam waktu bersamaan. 

Sedangkan guru adalah untuk membimbing dan mengarahkan pengguna internet agar tidak terjadi kekeliruan dalam mengambil informasi dari sumber berita yang di guanakan. Ingatlah bahwa internet itu bisa di manfaatkan tidak lain karena peran seorang guru yang telah dahulu mengajarkan baca tulis, sehingga dengan mudah internet itu ada dalam genggaman penggunanya.
SHARE :
 
Top