ads1

Munandar Asal Keuruweung Blang, Aceh Besar
Lamurionline.com--Malasyia. Salah satu hafizh Aceh, Munandar, sudah empat tahun berturut-turut menjadi imam shalat tarawih di Surau An-Nur Taman Puchong Intan, Selangor Malaysia. Satu hari sebelum Ramadhan, 26 Mei 2017 ia sudah tiba di sana memenuhi undangan warga setempat untuk menjadi imam salat tarawih selama sebulan penuh. 

“Alhamdulillah ini keempaat kalinya saya dipercayakan menjadi imam di sini, dari tahun 2014-2017 ( 4 tahun- sampai sekarang) ,” kata pemuda kelahiran Keureuweung Blang, kec. Kuta Cot Glie Aceh Besar 4 Februari 1993 kepada Lamurionline.com Jumat dini hari melalu jejaring sosial, 2 Juni 2017. 

Menurutnya, ia sangat bersyukur pernah belajar dan menghafal Al-Quran di MUQ Pagar Air di bawah asuhan langsung Ustadz Drs. H. Sualip Khamsin, karena berkat bimbingan beliaulah saya bisa menghafal Alquran, selain itu kalau kita ingin bahagia dunia dan akhirat dekatlah dengan Allah tentunya dengan mempelajari, menghafal kalam Allah dan mengajarkan nya. 

“Mungkin ini sudah menjadi tradisi tersendiri bagi masyarakat Malaysia untuk mendatangkan imam-imam dari luar selama bulan ramadan. Dan banyak di antaranya adalah para hafizh atau qari dari Aceh,” ujar alumnus Pesantren Madrasah Ulumul Qur’an (MUQ) Pagar Air Kabupaten Aceh Besar yang juga tercatat sebagai Alumni pendidikan B.Arab UIN Ar-Raniry Banda Aceh ini. 

Lebih lanjut, kata pemuda yang akrab di sapa Ustadz Munandar, sangat bersyukur bisa dipercayakan oleh warga di sini menjadi imam salat tarawih. Dari sini saya bisa belajar banyak tentang budaya, tentang bergaul, hubungan sosial dan lain sebagainya. 

“Salah satunya, kalau tentang bulan ramadan, kebiasaan kita di Aceh tidak jauh berbeda juga dengan kebiasaan warga di sini. Puasa, taraweh dan tadarus di malam harinya,” katanya. 

Pemuda yang lulus MA Ulumul Qur'an tahun 2011 itu juga di kenal aktif dan ramah terhadap semua orang dan ia juga memiliki banyak prestasi diantaranya; juara 3 Tafsir Bahas Inggris 2014 MTQ Kab. Aceh besar, juara 3 Tafsir Bahasa Arab MtQ Kota Banda Aceh 2014 dan masih banyak lagi prestasi baik di tingkat kota dan provinsi. (MU)
SHARE :
 
Top