Foto: SMH
Lamurionline.com--Indrapuri. Ustad Khalil Akbar SPdI yang juga Pimpinan Pesantren Dar Maryam Samahani, Jum'at (01/09) mengisi Khurbah Idul Adha di Masjid Asy Syuhada Lampanah. Beberapa intisari khutbah disampaikan Ust Khalil Akbar di anataranya :

1. Marilah kita menyerahkan diri kepada Allah set dan membuang sifat congkak.

2. Ibadah haji dilaksanakan dengan kostum yg sama, menunjukan tak ada perbedaan manusia dihadapan Allah swt

3. Qurban untuk mendekatkan diri kpd Allah swt.

4. Kita telah bersaksi Allah Rabb kita dan Muhammad saw rasul kita. Ucapan ini ada konsekuensinya. Ada kewajiban dan larangan yg harus kita patuhi. Dalam pelaksanaannya Allah akan menguji iman kita dengan berbagai bentuk halangan dan tantangan.

5. Salah satu ujian Allah dihadapi nabi Ibrahim as menjalankan dakwah dgn tantangan yg berat. Beliau meninggalkan istri dan anaknya Ismail tanpa bekal apapun. Kemudian Allah berikan berkah kepada keluarga Ibrahim.

6. Tantangan berikutnya Ibrahim diminta Allah swt untuk menyembelih anaknya Ismail. Allah menolong Ibrahim mampu menjalankan perintah Allah swt. Allah gantikan Ismail dgn domba untuk disembelih.

7. Lalu bagaimana kita mampu menjalankan perintah Allah. Misalnya laki2 diperintahkan shalat berjamaah lima waktu. Ada juga yg blm shalat samasekali. Juga pr diwajibkan berhijab.

8. Bagaimana pula komitmen kita melaksanakan qurban. Allah hanya munta bukti iman kita dgn berqurban.

9. Allah minta bukti iman kita membayar zakat, membantu anak yatim dan fakir miskin.

10. Nabi Yusuf telah membuktikan kualitas imannya dengan tidak tergoda pr cantik. Kita juga hrs mampu membuktikannya.

11. Kita juga harus mampu meninggalkan larangan dgn menjaga efek negatif media komunikasi yg ada, termasuk yg selalu ada di tangan kita.

12. Kadang kita juga Allah menguji iman kita dgn penyakit, musuh dari kafir dan munafik.

13. Kita harus buktikan iman kita dgn menjalankan perintah, meninggalkan larangan dan mampu menghadapi ujian Allah. Mari kita menolong agama Allah semampu kita masing2. (Smh)
SHARE :
 
Top