ads1

Foto: IST
Lamurionline.com. KOTA JANTHO -  Pemerintahan Gampong Tumbo Baro Kecamatan Kuta Malaka Aceh Besar Sabtu (24/2) melakukan kegiatan study banding ke Gampong Blang Krueng Kecamatan Baitussalam Aceh Besar.  

Keuchik Tumbo Baro H Khalid Wardana MSi mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk mempelajari tentang tata kelola administrasi pemerintahan gampong dan pemberdayaan Badan usaha milik gampong (BUMG).

Di pilihnya Gampong Blang Krueng tidak terlepas dengan keberhasilan gampong tersebut dalam melakukan berbagai inovasi dan pemberdayaan masyarakat bahkan pada tahun 2016 terpilih sebagai juara 1 lomba gampong tingkat provinsi dan juara nasional BUMDes katagori partisipatif dengan meraih penghargaan dari kementerian desa dan daerah tertinggal. 

Di Blang Krueng telah tumbuh berbagai unit usaha yang menjadi income bagi masyarakat dan gampong seperti penyewaan tratak dan pelaminan, peternakan, produksi kue, Bank Sampah, hand traktor, ruko dan rumah sewa, depot elpiji dan air minum, usaha keuangan simpan pinjam dan saat ini telah bergerak dalam bidang pendidikan dengan membuka PAUD IT dan SDIT.  

Foto: IST
Kunjungan study banding di pimpin keuchik Tumbo Baro H Khalid Wardana MSi dan ketua Tuha peut Drs Bustaman bersama para perangkat gampong dan langsung di sambut oleh keuchik Blang Krueng T Muslim bersama aparat gampong. Dalam pertemuan yang di mediasi oleh fasilitator Kabupaten yang juga tokoh Blang Krueng Teuku Badlisyah banyak di lakukan curah pikiran dan berbagi pengalaman antara kedua gampong tersebut.    

Menurut keuchik Tumbo Baro yang juga wakil ketua asosiasi pemerintahan desa (Apdesi) Kabupaten Aceh Besar H Khalid Wardana, bahwa gampong Blang Krueng dapat menjadi rujukan bagi gampong gampong lain yang ada di Aceh, jadi para keuchik tidak mesti study banding ke luar Aceh tetapi bisa datang ke gampong Blang Krueng yang telah lebih maju dalam tata kelola pemerintahan dan BUMG. (mariadi)
SHARE :
 
Top