ads1

Kepala Bank Indonesia Provinsi Aceh, Zainal Arifin Lubis didampingi Bupati Aceh Besar Ir Mawardi Ali menyerahkan bantuan gudang pakan ternak kepada Kelompok Aceh Tani Lestari di Gampong Bak Dilib Kecamatan Montasik, Aceh Besar, Rabu (7/3/2018). FOTO: MARIADI
Lamurionline.com. MONTASIK -  Bank Indonesia melalui program sosial menyerahkan bantuan gudang pakan ternak kepada Kelompok Aceh Tani Lestari di Gampong Bak Dilib Kecamatan Montasik, Aceh Besar, yang diketuai oleh Uzair S.Pt MSi, Rabu (7/3/2018).

Kepala Bank Indonesia Provinsi Aceh, Zainal Arifin Lubis dalam sambutannya menegaskan bahwa melalui CSR dan juga sebagai Lembaga Negara, pihaknya membantu dan mendukung pemerintah daerah untuk meningkatkan perekonomian masyarakat yang bisa berdampak luas.

Pembinaan kelompok tani ternak sapi di Aceh Besar, dilatarbeakangi besarnya permintaan daging sapi dengan kebutuhan rata-rata 600 ribu ton per tahun, namun produksimasih 400 ribu ton.

"Pembinaan ini diharapkan dapat mendorong kualitas dan kuantitas sapi serta dapat menekan harga daging sapi di Aceh untuk meningkatkan kesejahteraan peternak," pugkasnya.

Bupat Aceh Besar Ir Mawardi Ali mengucapkan terima kasih atas partisipasi dan bantuan Bank Indonesia yang telak bembantu masyarakat tani Aceh Besar dan selalu ikut andil dalam usaha memajukan sektor perekonomian di Aceh Besar. 

"Program peternakan melalui kegiatan ternak sapi kita harapkan dapat menekan harga daging sapi setiap menjelang Ramadhan dan Hari Raya, dan program pendampingan ini sangat penting dari pada program hanya membagi-bagi sapi saja bagi masyarakat sehingga kemandirian dan ketahanan pangan nantinya dapat terwujud," ujarnya.

Ketua Kelompok Aceh Tani Lestari, Uzair SPt MSi, mengatakan bahwa bantuan gudang pakan ternak yang diberikan BI sangat bermanfaat bagi kelompoknya yang telah menjalankan usaha ternak sapi sejak tahun 1998.

"Sampai saat ini sudah terbentuk kelompok tani peternak sapi secara modern yang terus kita kembangkan untuk masuk dalam dunia bisnis,".

Pada kesempatan itu, Bupati Aceh Besar dan Kepala BI Provinsi Aceh meninjau langsung tempat peternakan sapi, serta pemanfaatan pupuk kompos sebagai bio gas, hujan buatan oleh Kelompok Aceh Tani Lestari tersebut.

Sebelumnya juga Bupati Aceh Besar, dihadiri Sekdakab Aceh Besar Drs Iskandar MSi dan sejumlah kepala SKPD dijajaran Pemkab Aceh Besar melakukan pertemuan di Gedung Plut Aceh Besar, Gampong Gani, Kecamatan Ingin Jaya, dengan Kepala Bank Indonesia Provinsi Aceh berserta jajajaran.

Dalam pertemuan itu, banyak dibicarakan tentang langkah-langka untuk memajukan Usaha Kecil dan Menengah (UMK) dan Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (KUMKM).(Mariadi)
SHARE :
 
Top