ads1

Foto: IST
Lamurionline.com. BANDA ACEH - Fakultas Syariah dan Hukum UIN Ar-Raniry bekerjasama dengan Bandar Publishing Banda Aceh membedah buku Acehnologi Volume 5, yang ditulis oleh Dr Kamaruzzaman Bustamam  Hadir sebagai pembicara Dr M Adli Abdullah, Yarmen Dinamika, Dr Kamaruzzaman Bustamam Ahmad, yang dimodatori oleh Kharunnisak Mahasiswa semester enam di Biro Rektor UIN Ar-Raniry (09/04) Darussalam Banda Aceh.

Gubernur Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) UIN Ar-Raniry, Muhammad Mujir Affandi selaku penggagas acara mengatakan bahwa sebuah kebahagian dapat menyelenggarakan bedah buku Acehnologi volume 5 ini.

"Ruang ini dipenuhi peserta karena menandakan apresiasi kepada penulis buku Acehnologi ini Dr Kamaruzzaman Bustamam Ahmad, kalau mendapat restu kami juga akan bersedia juga untuk membedah buku acehnologi volume 6 jika sudah terbit bulan Mei 2018 nanti" ujar M Mujir Affandi.

Acara bedah buku Acehnologi Volume 5 ini dibuka oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Dr Agustin Hanafi. Dalam pembukaannya, Agustin menyebutkan beruntung Aceh memiliki sosok seperti Dr Kamaruzzaman yang sudah memiliki reputasi internasional dalam dunia akademis.

Kamaruzzaman Bustamam Ahmad atau yang lebih dikenal KBA menyebutkan bahwa niatnya menulis buku Acehnologi ini adalah untuk meningkatkan derajat studi Aceh.

"Ini bentuk kecintaan saja untuk Aceh. Membawa Aceh dalam bahasan studi keilmuan, Acehnologi volume 6 akan terbit bulan mei nanti, setelah itu tahun depan akan saya dan Mukhlisuddin Ilyas dari penerbit Bandar Publishing akan menggarap volume 7 sampai volume 10" ujarnya.

M Adli Abdullah dalam bedahnya mengatakan bahwa buku acehnologi adalah "gambar besar" untuk melihat Aceh secara antropologis. Begitu juga pembedah Yarmen Dinamika yang secara teknis menguraikan beberapa kesalahan aksara dalam penulisan buku ini secara mendalam.

Lebih lanjut Yarmen Dinamika menguraikan bahwa sosok KBA cerdik dalam menguraikan kajian studi acehan dengan ikut serta dirinya dalam setiap bahasan buku terutama hubungan orang Aceh dan orang Jawa dalam volume 5.

Sebagaimana diketahui buku Acehnologi karya Kamaruzzaman Bustamam Ahmad telah terbit sebanyak 5 volume dari 6 volume yang sudah direncanakan sampai Mei 2018.

Akhir tahun 2019 baru akan dimulai terbit acehnologi volume 7 sampai dengan 10 yang diterbitkan oleh penerbit yang sama Bandar Publishing Banda Aceh yang bekerjasama dengan jaringan Gramedia untuk distribusi nasional. [smh]
SHARE :
 
Top