ads1

Foto: IST

LAMURIONLINE.COM | MONTASIK - Remaja Masjid Nurussalam Kemukiman Piyeung Kecamatan Montasik, Aceh Besar menggelar Rateb Siribe bersama masyarakat yang dipimpin para santri Syech Abuya Amran Waly Al-Khalidi yang datang dari berbagai daerah di Aceh, diantara yang hadir Tgk Ahmad Fauzan, Tgk H Syukri Daud, Tgk H Kamaruzaman dan H Halimi Bin Mahmud Pagar Air. 

Kegiatan ratep siribe yang digelar, Kamis (03/05) malam tersebut diawali lantunan ayat suci alquran dan selawat oleh Qari internasional ustad Takdir Feriza Hasan. Ratep siribe dimulai pukul 20.15 WIB hingga selesai.

Turut hadir Pimpinan Majlis Rateb Siribee daru Manado, Muhammad Ansari Abbasy, Kapolsek,  Danramil, Camat, Imum mukim, para Geuchik dan pemuda sekemukiman Piyeung, serta para pimpinan Dayah/pesantren.


Imum Chik Masjid Nurussalam Piyeung Tgk Muhammad Ali mengatakan acara ini sangatlah penting khususnya para remaja dan pemuda. 

Dalam kesempatan yang sama salah seorang santri Syech Abuya Amran Waly Al-Khalidi, Tgk H Syukri Daud mengatakan ratep siribe ini adalah sebuah kiasan yg artinya sebanyak-banyaknya boleh seribu dan boleh lebih.

Sementara Ustadz Muhammad Ansari Abbasy juga menambahkan bahwa dengan ratep siribe ini batin kita bisa menjadi obat hati untuk kuat beribadah kepada Allah SWT.

Ketua Panitia Pelaksana Ustaz Nasrullah, SPdI mengatakan, kegiatan Rateb Siribe ini diadakan dalam rangka masuknya bulan sya'ban dan menjelang bulan suci Ramadhan dan merupakan sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT serta menjalin silaturrahim serta ukhwah islamiah dalam momen menggemakan zikir-zikir kepada Allah.


Disamping itu, Nasrullah juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh pemuda, remaja dan panitia yang telah membantu serta terlibat langsung sehingga acara ratep siribe ini sukses digelar.

Terlihat di lokasi, pemuda kemukiman turut membantu kegiatan yang dilaksanakan remaja masjid tersebut dan sangat antusias dalam berbagai rangkaian acara, mulai dari berbagai persiapan, seperti pemasangan tenda, pengumpulan nasi di gampong-gampong, persiapan ginset, alat penerangan, Sound Siystem, pemasangan spanduk dan umbul-umbul. 

Sebagaimana dikatakan salah seorang pemuda kemukiman Piyeung, Iskandar bahwasanya ratep seribe bertujuan untuk menyadarkan para pemuda di gampong dari perbuatan yang tidak baik, seperti berjudi, mabuk-mabukan dan bahkan terjeremus ke dunia narkoba, serta pergaulan moderen yang sulit dibendung.

Terlihat, semua peserta zikir yang hadir khusyuk mengikuti rateb siribee yang dipimpin para santri ulama besar di Aceh tersebut. Sebutan nama-nama Allah serta doa-doa yang diselaraskan dengan gema suara zikir begitu bersemangat dilantunkan oleh masyarakat dihalaman masjid pada malam itu. (awir)
SHARE :
 
Top