Loading...

SERAHKAN BANTUAN – Wakil Bupati Aceh Besar Tgk H Husaini A Wahab secara simbolis menyerahkan bantuan langsung tunai Ramadhan di Masjid Jamik Al-Ittihadiyah Kecamatan Seulimuem, Rabu (6/6/2018). Foto-HUMAS PEMKAB ACEH BESAR
LAMURIONLINE.COM | KOTA JANTHO - Pada bulan Ramadhan 1439 H ini, Baitul Mal Kabupaten Aceh Besar menyalurkan zakat senif miskin dengan total seluruhnya mencapai Rp 2.914.500.000 kepada 19.430 jiwa.

Kegiatan penyerahan bantuan langsung tunai Ramadhan tersebut secara simbolis dilakukan oleh Wakil Bupati Aceh Besar Tgk H Husaini A Wahab di Masjid Jamik Al-Ittihadiyah Kecamatan Seulimuem, Rabu (6/6).

Hadir dalam kesempatan tersebut, Ketua MPU Aceh Besar Tgk Muksalmina A Wahab, Muspika Seulimuem, dan tokoh-tokoh masyarakat setempat. Usai kegiatan tersebut, Wabup Aceh Besar ikut menyerahkan zakat senif fakir uzur kepada Muhammad Amin (warga Gampong Keunaloi Kecamatan Seulimuem).

Kepala Badan Pelaksana Baitul Mal Aceh Besar Drs Zamri A Rafar menjelaskan, dana yang berhasil dikumpulkan oleh Baitul Mal Aceh Besar disalurkan untuk 8 asnaf. 

“Sumber dana tersebut berasal dari PNS, dan swasta di lingkungan Kabupaten Aceh Besar,” ungkapnya.

Zamri menambahkan, zakat baitul mal Aceh Besar dibagi secara merata pada 23 kecamatan dan 604 gampong.

Untuk tahun ini, jelasnya, Baitul Mal Provinsi Aceh membantu BLT 7 kecamatan sebanyak 1.800 KK dan fakir/uzur untuk 9 kecamatan dengan julah 1.762 jiwa.

Sedangkan Baitul Mal Aceh Besar menyalurkan bantuan BLT untuk 16 kecamatan dengan 19.430 jiwa dan fakir uzur sebanyak 1.550 kk yang tersebar pada 14 kecamatan.

Dia menambahkan, selama ini Baitul Mal juga melaksanakan sejumlah program lainnya, seperti bantuan konstruksi rumah, bantuan untuk 30 muallaf, bantuan tahfizh al-Quran 30 juz kepada 17 orang santri untuk belajar di Tomboro Jawa Timur dan 21 orang di Yala Thailand. Selain itu, bantuan insentif imam hafidz shalat tarawih dan insentif untuk ustad TPA. 

Sedangkan untuk senif ibnu sabil, Baitul Mal Aceh Besar membantu para musafir dan memberikan beasiswa santri dayah yang kurang mampu. “Mudah-mudahan program Baitul Mal Aceh Besar ini akan terus bermanfaat bagi masyarakat,” tambahnya.

Sementara itu, Wabup Aceh Besar Tgk H Husaini A Wahab mengharapkan agar zakat yang disalurkan Baitul Mal tersebut bermanfaat bagi para senif yang menerima zakat tersebut. Namun demikian, diharapkan pula agar ekonomi mereka bisa terus membaik, sehingga masa-masa mendatang mereka berubah menjadi pembayar zakat (muzakki).

Kepada pembayar zakat yang telah mempercayai Baitul Mal Aceh Besar selama ini, diucapkan apresiasi setinggi-tinggi, sehingga kerjasama yang baik tersebut akan terus dipertahankan di masa-masa mendatang.

Secara khusus, Wabup Aceh Besar mengharapkan agar umat Islam terus meningkatkan amal ibadah dalam bulan Ramadhan ini.

“Jauhkan diri dari judi dan hal lainnya yang dilarang oleh agama. Bila ada yang masih mengotori bulan suci ini, misalnya dengan judi, laporkan kepada saya. Jangan biarkan Aceh Besar kotor akibat perilaku mereka. Muspika juga harus bertindak cepat agar syariat Islam selalu bisa kita kedepankan,” tegasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Wabup Aceh Besar didampingi Kepala Bapel Baitul Mal Aceh Besar Drs Zamri A Rafar dan Muspika Seulimuem menyerahkan zakat untuk fakir uzur, Muhammad Amin (75 tahun), yang menderita sakit di Gampong Keunaloi Kecamatan Seulimuem.



Teks foto;


SHARE :
 
Top