Loading...


Foto: Lamuri
Bersumber Dari Dana Desa

LAMURIONLINE.COM | INDRAPURI - Pemuda Lampanah yang tergabung dalam Remaja Masjid Asy Syuhada Lampanah dan Gampong Lampanah Tunong Kecamatan Indrapuri Kabupaten Aceh Besar, Sabtu (02/06) menggelar Pelatihan Kewirausahaan dan Kepemimpinan, bagi pengurus dan pemuda setempat. Kegiatan dibuka Camat Indrapuri yang diwakili Kasi Pembanguan Masyarakat dan Gampong (PMG) Mahdi di komplek MIN Lamreh.

Hadir sebagai Pemateri Munardi ST dan Pegiat Wisata Aceh sekaligus Ketua Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Aceh Ust Mujiburrizal. Pemateri lainnya dari Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) ACEH dan DPW BKPRMI Aceh.

Ketua Panitia Pelaksana, Danil Rahmat  SPd didampingi Ketua Remaja Masjid Asy Syuhada, Husban Adnan, kepada Lamuri, mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk melatih para generasi muda untuk bisa mandiri dan berpotensi.

"Lima atau sepuluh tahun ke depan, generasi-generasi inilah yang akan jadi pemimpin ataupun wirausahawan. Oleh karena itu harapan kami untuk para peserta agar bisa mengikuti kegiatan ini secara serius dan bisa mendapatkan ilmu yang akan disampaikan oleh pemateri selama pelatihan" sebut Danil.


Danil menambahkan kegiatan ini juga dibiaya oleh Gampong Lampanah Tunong dengan dana desa yang tentunya diawasi secara kontinyu dan diharapkan bisa berjalan sebagaimana mestinya.

Sementara Kasi PMG Kecamatan Indrapuri Mahdi dalam arahannya menyebutkan kegiatan ini bisa menjadi pilot project bagi gampong-gampong lain.

"Kegiatan ini sangat bermanfaat, sebagaimana diarahkan dalam pengelolaan dana desa yang sebagian besarnya adalah untuk pemberdayaan, diantaranya adalah pelatihan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM). Selain itu, seiring dengan perkembangan zaman, dimana era digital semakin maju, cara berwirausahapun sudah sangat mudah dengan sistem yang ada saat ini. Gampong yang maju adalah gampong yang banyak kegiatan usaha di dalam masyarakatnya" ujar Mahdi.


Keuchik Lampanah Tunong Mahya Zakwan SAg juga mengajak para generasi untuk berjiwa pemimpin. Mahya menyebutkan ada beberala hal yang harus diterapkan dalam kepemimpinan. Diantaranya Planing, Perencanaan, Pengorganisasian dan Cara memanage.


"Kita lah yang akan menjadi pemimpin di hari esok, untuk membangun bangsa dan negara. Maka jadilah pemimpin yang profesional" kata Mahya.

Selain itu kegiatan tersebut turut dihadiri Pendamping Desa Kecamatan.

Editor : Cek Abrar
SHARE :
 
Top