Loading...

Ketua TP PKK Aceh Besar, Ny Rahmah Mawardi
menyerah piala kepada pemenang lomba masak cipta menu B2SA dan serba ikan tingkat Kabupaten Aceh Besar, di Aula ISBI Aceh, Kota Jantho, Rabu (25/7/2018). Dok. HUMAS PEMKAB ABES
LAMURIONLINE.COM | KOTA JANTHO - Tim Kecamatan Darul Imarah dan Lhoknga berhasil menjadi juara lomba masak cipta menu yang beragam bergizi seimbang dan aman (B2SA) serta serba ikan tingkat Kabupaten Aceh Besar yang berlangsung, di Aula ISBI Aceh, Kota Jantho, Rabu (25/7).

Pada lomba masak yang dibuka Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Aceh Besar, Ny Rahmah Mawardi, untuk katagori lomba B2SA juara I, II, III, IV, V dan VI masing-masing Kecamatan Darul Imarah, Indrapuri serta Ingin Jaya, Lhoknga, Sukamakmur serta Krueng Barona Jaya. Sementara katagori lomba masak serba ikan di menangkan oleh Kecamatan Lhoknga juara pertama, dan disusul juara II, III, IV serta V yakni Indrapuri, Ingin Jaya, Kota Jantho dan Kecamatan Darussalam. Kepada para juara selain diberikan piala juga mendapat uang pembinaan dan akan diikutsertakan pada lomba tingkat provinsi pada 8 Agustus 2018 mendatang.

Dok. HUMAS PEMKAB ABES
Ketua TP PKK Aceh Besar, Ny Rahmah Mawardi, dalam sambutanya mengajak seluruh peserta dan kaum ibu untuk memanfaatkan komoditas pangan Iokal,  karena Aceh Besar dikenal sebagai wilayah yang banyak menghasilkan perikanan mengingat ikan adalah salah satu komoditi yang mempunyai protein yang tinggi untuk kesehatan dan juga daerah subur menghasilkan komoditi pangan. 

"Manfaatkan bahan pangan lokal yang beragam, bergizi, seimbang dan aman serta penggunaan ikan sebagai bagian dari menu sehari-hari dengan olahan yang modern dan tanpa pegawet," pintanya.

Dalam kesematan itu, Rahmah juga mengharapkan kepada ibu-ibu PKK gampong untuk kedepan punya kreatifitas dan inovasi dalam mengolah dan menyajikan makanan yang bergizi seimbang dengan bahan berbasis lokal. 

"Harus termotivasi meningkatkan penyusunan menu B2SA dengan selalu menghidangkan menu yang memenuhi kaedah yang sehat bagi keluarga," tuturnya.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Aceh Besar, Agus Husni SP yang juga sebagai ketua panitia lomba mengatakan lomba yang menjadi agenda tahunan dikuti 22 PKK kecamatan dan ada satu kecamatan yang tidak ikut serta yaitu kecamatan Darul Kamal. 

Dengan adanya lomba ia berharap kedepan kepada seluruh PKK kecamatan harus meningkatkan sosialisasi kepada masyarakat pentingnya untuk mengkonsumsi makan yang bergizi seimbang, yang memiliki karbohidrat dan protein tinggi.

Dok. Dek Joel
Sementara Plt Kadis Pangan Aceh Besar, Fuadi Ahmad menambahkan salah satu kegiatan reguler yang sudah di mulai sejak tahun 2010 berkerja sama dengan Kementerian Pertanian, Penggerak PKK Kabupaten, Provinsi hingga pusat bertujuan untuk mengali potensi-potensi yang ada dan inovasi yang baru serta sosialisasi tentang pemanfaatan bahan lokal untuk di olah secara modern yang memiliki gizi dan protein.

Turut hadir pada kegiatan tersebut dari Dinas Pangan Aceh Ir Samsul Bahri MSi, Plt Kadis PMG Aceh Besar Abdullah SSos, Ketua DWP Aceh Besar Ny Mahdalena Iskandar, Perwakilan PKK provinsi, Pengurus PKK kabupaten, Muspika kecamatan dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Aceh Besar. (mariadi/joel)
SHARE :
 
Top