Loading...

Dok. IST
LAMURIONLINE.COM | MONTASIK - Bank Indonesia terus mendorong industri kreatif dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Provinsi Aceh khususnya di kabupaten Aceh Besar, agar lebih produktif dan dapat bersaing, baik di tingkat nasional maupun global.

Deputi Kepala Perwakilan BI Provinsi Aceh Zainal Arifin menyatakan, UMKM yang dibina bersama Dekranas Aceh Besar di desa Dayah Daboh Kecamatan Montasik mendapat kesempatan untuk mempromosikan hasil kerajinan di pameran New York Now Exhibition 2018.

"Ini merupakan salah satu upaya yang kita lakukan agar produk kerajinan yang ada di Aceh Besar terus meningkat dalam memproduksi karya inovasi baru. Pada pameran tersebut akan di ikuti 36 negara yang berlangsung dari tanggal 12-15 Agustus 2018 dan mereka akan mempromosikan hasil kerajinan dari negara masing-masing yang diolah secara manual berbentuk modern dan memiliki khas dari daerah.

"Beliau berharap kepada seluruh pelaku UMKM yang ada di Aceh khususnya Aceh Besar untuk meningkatkan kualitas SDM, konsistensi dan terus belajar agar hasil kerajinan lebih di minati oleh pihak wisatawan luar," katanya

Sementara Ketua Dekranas Aceh Besar Rahmah Abdullah SH sangat mengapreasiasi kepada pelaku UMKM yang berasal dari Dayah Daboh Kecamatan Montasik. Salah satunya Ibu Elia Sari Yang sudah mampu menembus pasar internasional dengan hasil kreatifnya.

"Ini merupakan ibu-ibu yang hebat di samping menjadi ibu rumah tangga yang di sibukkan dengan mengurus rumah tangga tetapi mampu berprestasi dengan kemampuannya mewakili Aceh dan Indonesia berangkat ke New York untuk mempromosikan hasil karyanya" ujar Ny Rahmah.

"Selain itu beliau juga mengatakan ini menjadi motivator kepada Pelaku UKM lain yang ada di Aceh khususnya Aceh besar untuk dapat mencontoh kepada Ibu Elia Sari yang terus belajar dan berkreatif dalam hal menghasilkan hasil karya bagus dan di minati oleh pihak luar,"katanya

Pada acara pelepasan Elia Sari menceritakan awal mula bisa di panggil untuk mewakili Indonesia ke Pameran New York berawal dari motivasi untuk eskpor barang dan diundang untuk mengikuti akses pasar global di Jakarta.

"Pada kegiatan akses pasar global yang datang dari berbagai produk UMKM di bawah kurator Los Angeles Amerika Serikat, setelah kami mengikuti kegiatan selama 1 minggu produk-produk yang kita bawakan di dekorasi lagi per produk dari masing-masing provinsi se Indonesia, Alhamdulillah saya dapat email dari Bank Indonesia bahwa saya mendapat kesempatan untuk mengikuti pameran di New York Now Exhibition 2018" ujar Elia bersamangat.

"Pada pameran nanti kita akan memasarkan hasil kerajinan seperti tas bordir, dompet dan lainnya dalam bentuk grosir. Di sana kita juga melakukan negosiasi bersama salah satu bayer, selain negosiasi kita juga akan tanda tangan kontrak kerja sama,"lanjut Elia

Elia Sari turut mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Aceh Besar dan Bank Indonesia yang sudah membina dirinya dari awal sampai saat ini.

"Saya sangat berharap doa dan dukungan dari semua masyarakat khususnya masyarakat Aceh Besar semoga saya mampu mengharumkan nama daerah dan Indonesia,"ujarnya. (joel)
SHARE :
 
Top