Melalui Milad Media LAMURI Yang Ke-10 Kami Terus Berbenah Untuk Berbagi Informasi Kepada Pembaca (15 Juli 2010 - 15 Juli 2019) Mengangkat Perekonomian Masyarakat Gampong Pasar Indrapuri Melalui Pelatihan Las Listrik - Lamuri Online
Loading...

Dok. Rita
LAMURIONLINE.COM | INDRAPURI - Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (SDM) dengan meningkatkan keahlian melalui Dana Desa, sangat di butuhkan untuk melangsungkan pembangunan demi kemajuan masyarakat desa. 

Potensi inilah yang dilakukan oleh Gampong Pasar Indrapuri, Kecamatan Indrapuri, Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh. 

Dari Dana Desa (DD) Pasar Indrapuri, masyarakat bisa mendapat lapangan pekerjaan melalui pelatihan Las dengan sasaran pemuda desa. Di harapkan dengan kelangsungan pelatihan Las dapat meningkatkan kegiatan ekonomi desa dan menggerakan pendapatan masyarakat Gampong Pasar Indrapuri.
“Selama ini DD lebih sering di pahami masyarakat hanya untuk pembangunan infrastruktur saja. Dengan adanya pelatihan ini kami berharap semua warga bisa menikmati manfaat dari DD,” kata Yusnita, selaku Pendamping Lokal Desa (PLD) Gampong Pasar Indrapuri.
Dengan demikian dana desa yang telah diterima bisa untuk mengembangkan potensi yang ada di desa menjadi kegiatan ekonomi yang memajukan desa.
Selaku Pendamping Desa, Yusnita yakin setiap desa memiliki potensi yang dapat dikembangkan menjadi kegiatan ekonomi sesuai dengan sumber daya yang ada di desa. 
"Dana desa bisa dipergunakan untuk mengembangkan potensi tersebut menjadi usaha produktif yang bisa menggerakkan ekonomi desa, menciptakan banyak lapangan kerja dan usaha bagi masyarakat desa, mengurangi pengangguran, kemiskinan dan urbanisasi,” ujar Yusnita.
Selain mendapat pelatihan pengelasan, masyarakat mendapatkan bantuan alat yang menunjang skill. Diantara peralatan yang diberikan berupa inferter, bor listrik, serta peralatan penunjang lain.
Selain itu, pengelolaan dana desa yang baik tentu diharapkan bisa mendorong masyarakat desa untuk mengasah potensi dirinya. Dengan begitu, dapat meredam masyarakat untuk tidak keluar dari desanya.
Dalam pemanfaatan dana desa lewat program unggulan harus mampu membekali keahlian untuk mengembangkan potensi masyarakat. Dana desa harus mampu memberikan keunggulan komperatif bagi desa, dan meningkatkan perekonomian desa.
“Kita mengusulkan adanya integrasi vertikal, kalau ada program harus ada holdingnya. Maka dari itu, perlu membuat pelatihan yang sifatnya untuk pengelolaan jangka panjang,” tuturnya. 
Turut hadir dalam kesempatan tersebut Pendamping Desa Pemberdayaan Kecamatan Indrapuri sekaligus memantau jalannya kegiatan pelatihana sebagaimana yang diharapkan. (*)
SHARE :
 
Top