Dok. IST
LAMURIONLINE.COM | KOTA JANTHO - Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Aceh, H Muzakir Manaf meminta kontraktor dan juga Panitia Penyelenggara Pekan Olahraga Aceh (PORA) XIII Aceh Besar untuk mempercepat pengerjaan jalan penghubung antar venue dalam komplek Jantho Sport City (JSC). 

Penegasan itu disampaikan Mualem sapaan akrab Muzakir Manaf yang didampingi Ketua Harian KONI Aceh Kamaruddin Abubakar kepada wartawan usai mengunjungi pembangunan venue di Kota Jantho, Rabu (24/10).

Menurutnya, keraguannya terhadap pembangunan jalan akses menuju arena stadion mini sebagai tempat Open Ceremony (tempat pembukaan PORA) nanti pada 18 November 2018 mendatang, dimana jalan akses ke tempat tersebut hingga saat ini belum kunjung dilakukan pengaspalan. Selain itu, akses jalan antara venue ke venue lainnya yang saat ini masih dalam progres pengerukan jalannya.


“Jadi, yang saya ragukan adalah jalan menuju stadion mini dan juga jalan menuju venue ke venue, ini harus dipercepat. Harus dikebut siang–malam, bila perlu harus dilakukan 24 Jam dalam sehari Karena kita lihat belum rampung. Alat–alat dan material yang kurang. Maka, kita harapkan panitia dan rekanan sungguh-sungguh mengerjakan ini,” harap Mualem yang juga mantan wakil Gubernur Aceh priode 2012-2017 tersebut.

Mualem mengatakan, apabila jalan ini tidak siap, tentu hal ini Pemerintah Aceh Besar akan malu dengan kabupaten lain, dimana pada tahun 2018, event olahraga Aceh ini yang menjadi tuan rumah adalah Kabupaten Aceh Besar.

Selain itu, ada beberapa hal lain yang juga harus cepat diperbaiki, seperti penambahan pintu pada Gedung Badminton, supaya akses kedalam lebih mudah masuk oleh atlet dan penonton nantinya.


"Kita ragu sedikit dijalan. Tapi, kalau itu dikebut, insya Allah akan selesai tepat waktu,” ujar Mualem.

Mengingat sisa waktu pelaksanaan PORA hanya tersisa lebih kurang 25 hari lagi, dan juga beberapa venue masih ada yang belum rampung, namun pelaksanaan PORA ini tidak akan di tunda.

"Saya rasa menunda tidak mungkin lagi, karena semua kecewa nanti, semua undangan dan waktu sudah di tentukan, jadi mau tak mau kalau ini tidak siap, pertandingan untuk cabor tersebut dapat dipindahkan ke tempat lain, atau ke Kota Banda Aceh," pungkas Mualem.

Muzakkir Manaf mengapresiasi Bupati Aceh Besar yang terus menerus setiap hari setiap saat hingga sering bermalam di Kota Jantho untuk memastikan pekerjaan dikerjakan dengan baik, cepat dan tepat waktu.

"Kita berharap semuanya lancar dan sukses dengan kerja sama antara pihak provinsi, kabupaten Aceh Besar dan pihak-pihak lain yang telah berkontribusi ikut menyukseskan pelaksanaan PORA nanti," ungkap Mualem.

Sementara itu Bupati Aceh Besar, Ir Mawardi Ali menjawab keraguan Mualem, dirinya mengaku optimis pengerjaan venue olahraga termasuk jalan lingkar akan selesai tepat waktu. Menurutnya, usaha yang dilakukan PP PORA telah meminta rekanan untuk menambah pekerja dan jam lembur.

“Tadi malam saya juga disini (Kota Jantho), saya melihat mereka berkerja sampai dini hari. kita terus bekerja siang dan malam saya fokus tidak keluar daerah, malah saya tidur disini, saya terus memantau ini 24 jam, pagi sore, malam terus saya pantau perkembangan," kata Mawardi Ali.

Ia menambahkan, malah ada beberapa venue yang dikatakan kepada SKPD untuk jabatannya tarok disini, jadi dirinya melelang jabatan itu untuk pekerjaan.


"Jadi harus ada konsekuensinya, tidak boleh main-main, ini harga diri dan martabat Aceh Besar," kata mantan anggota DPR Aceh tersebut. 

Pada kesempatan tersebut, Bupati Aceh Besar itu juga menegaskan kepada semua pihak, bahwa, Aceh Besar sudah siap melaksanakan PORA pada tanggal 18 November 2018.

"Saya nyatakan bahwa Aceh Besar Sudah siap tanggal 18-11-2018 semuanya nanti Insya Allah akan fungsional dan berjalan dengan baik," tandasnya.

Sedangkan, Pimpinan DPRA Sulaiman Abda pada kesempatan yang sama juga ikut mengajak seluruh elemen menyukseskan agenda Provinsi tersebut yang dilaksanakan di Kota Jantho.

"Kita dewan sangat mendukung, semoga bisa siap semua pada pembukaan," tuturnya.

Muzakkir Manaf bersama rombongan diantaranya Ketua harian KONI Aceh Abu Razak ( Kamaruddin Abubakar), Pimpinan DPRA Sulaiman Abda, Sekum KONI Aceh M Nasir dan beberapa Pengurus KONI Aceh diterima oleh Bupati Aceh Besar Ir Mawardi Ali bersama Sekda Aceh Besar Drs Iskandar MSi dan Kadisparpora Aceh Besar Ridwan Jamil SSos MSi dan pejabat Aceh Besar lainnya di Meuligo Bupati Aceh Besar. 

Namun demikian, sebelumnya para pejabat Aceh Besar dan KONI Aceh bersama-sama meninjau langsung venue pelaksanaan PORA XIII  di Komplek JSC, yang berada tepat di depan Meuligo. (mariadi)
SHARE :
 
Top