Melalui Milad Media LAMURI Yang Ke-10 Kami Terus Berbenah Untuk Berbagi Informasi Kepada Pembaca (15 Juli 2010 - 15 Juli 2019) Kemenag Aceh Besar Gelar Bimbingan Perkawinan Pra Nikah Angkatan XI - Lamuri Online
Loading...

Dok. IST
LAMURIONLINE.COM | MONTASIK - Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Aceh Besar melalui Seksi Bimbingan Masyarakat Islam Kabupaten Aceh Besar kembali menggelar kegiatan Bimbingan Perkawinan Pra Nikah Angkatan XI, yang berlangsung di Gedung UDKP Kantor Camat Montasik, Rabu (14/11).

Ketua Panitia Pelaksana Azhari SSos, melaporkan bahwa Kegiatan Bimbingan Perkawinan Pra Nikah ini dilaksanakan selama dua hari (14-15 November 2018) yang  diikuti 50 orang peserta terdiri dari 25 Pasangan Calon Pengantin (Catin) dari 6 Kecamatan. Kegiatan tersebut dibuka langsung Kepala Kantor Kemenag Aceh Besar H Abrar Zym SAg.

Dalam sambutan dan arahannya, Abrar Zym menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat penting demi mewujudkan sebuah keluarga yang kokoh dan menuai kebahagiaan.

Lebih lanjut Abrar juga mengutarakan bahwa, pemerintah hadir dengan regulasi dan program dimana semakin hari angka perceraian meningkat tinggi.  

"Boleh jadi pemahaman pengetahuan calon  pengantin tentang menegakkan pondasi berumah tangga mereka sangat awam dari sejak dini, beranjak dari situ Pemerintah mengeluarkan SK Dirjen Bimas Islam Nomor 373 Tahun 2017 tentang Petunjuk Teknis Bimbingan Perkawinan Bagi Calon Pengantin" ulasnya.

Disisi lain ia juga mengumpamakan, orang yang mau melaksanakan Ibadah Haji selama 40 hari di Makkah, harus mengikuti terlebih dahulu Bimbingan Manasik Haji selama 10 hari, 2 hari di tingkat Kabupaten dan 8 hari di tingkat Kecamatan. 

"Sebaliknya calon pengantin yang akan menempuh rumah tangga seumur hidup sampai dipisahkan jiwa dan raganya oleh Allah swt itu bimbingannya hanya selama 2 hari semestinya sampai 80 hari" ujarnya

Sebab itu ia mengharapkan kepada seluruh peserta catin untuk serius, disiplin, hadir tepat waktu dan bisa menggunakan waktu selama dua hari dengan sebaik-baiknya.

"Kalaupun juga tidak cukup waktu selama 2 hari, silakan datang ke pengajian dikampung-kampung, dan ikuti ceramah-ceramah di radio tentang bagaimana membina sebuah keluarga yang bahagia sehingga dapat terwujud sebuah keluarga yang sakinah, mawaddah warrahmah, "imbuhnya lagi.

Kegiatan tersebut turut dihadiri Kasi Bimas Islam, H M Zain MPd, para kepala KUA, Penghulu dan Penyuluh Kecamatan Montasik (Akmal)
SHARE :
 
Top