Melalui Milad Media LAMURI Yang Ke-10 Kami Terus Berbenah Untuk Berbagi Informasi Kepada Pembaca (15 Juli 2010 - 15 Juli 2019) Bunda PAUD Aceh Besar Hadiri Pembukaan Diklat Kompetisi Tenaga Pendidik - Lamuri Online
Loading...

Dok. Dek Joel
LAMURIONLINE.COM | LHOKNGA - Bunda PAUD Aceh Besar Rahmah Mawardi Ali menghadiri pembukan kegiatan Pelatihan Kompetisi Tenaga Pendidik. Diklat berjenjang tingkat dasar bagi pendidik PAUD tahun 2018 angkatan 1 tersebut berlangsung selama 5 hari di UDKP Kecamatan Lhoknga, Rabu (5/18).

Kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Anggota Dewan Aceh besar dari Fraksi PAN Muklis Zulkifli ST itu diikuti 80 peserta dari wilayah Leupung, Peukan Bada dan Lhoknga.

Rahmah Mawardi Ali dalam sambutannya mengatakan Pendidikan Anak Usia Dini sangat penting, ini merupakan pendidikan cikal bakal yang akan membentuk watak serta karakter seorang anak, disini mereka diajari tentang bersosialisasi, memupuk keberanian, rasa percaya diri dan menanam aqidah akhlak yang baik.


Selain itu ia juga menyatakan pendidikan anak usia dini sebagai langkah awal untuk menggali potensi atau bakat alami yang dimilikinya. Jadi bisa dibilang, pendidikan anak usia dini sangat penting dalam tumbuh kembang serta masa depannya kelak.

Pada kesempatan tersebut, Rahmah turut menyampaikan terima kasih kepada Muklis Zulkifli ST selaku Anggota Dewan Aceh Besar dari Fraksi PAN yang sudah berkerja sama dalam meningkatkan mutu pendidikan anak usia dini. 

"Mudah-mudahan dengan kerja sama ini kedepan PAUD di Aceh Besar terus berkembang dan mampu tercipta satu kampung satu PAUD,"paparnya

Sementara Kabid PAUD dan PNF, Mulyana MPd, mengatakan diklat berjenjang ini sangat penting. Apalagi saat ini sebutnya, semua lembaga harus terakreditasi, karena pada tahun 2020 bila belum terakreditasi lembaga PAUD tidak bisa berkompetisi lagi. Ia menambahkan diklat ini merupakan terobosan yang dilakukan oleh kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk meningkatkan mutu PAUD.

"Saat ini di Aceh Besar ada 366 PAUD, tetapi yang sudah terakreditasi hanya 29, jadi ini tugas dan tanggung jawab kita bersama untuk kedepan. Maka saya berharap kita harus saling bahu membahu dalam membangun pendidikan anak usia dini di Aceh Besar,"katanya.


Ketua Fraksi PAN, Muklis Zulkfili ST, mengatakan kemajuan sebuah negara, bukan di lihat dari segi pembangunan yang mewah, sebuah negara yang maju karena memiliki sumber daya manusia yang memadai. Pendidikan adalah pilar utama dalam kemajuan satu bangsa dan tanpa pendidikan negara akan hancur. 

"Suatu negara dikatakan maju apabila pendidikan negara tersebut berkembang pesat dan memadai, dengan pendidikan kita bisa mengetahui sesuatu yang tak diketahui menjadi tahu" tegas Mukhlis lagi. 

"Kita lihat negara Jepang, kenapa mereka bisa maju dan terus berkembang, karena mereka memiliki sumber daya manusia yang berkualitas, kita harus mencontoh pada mereka dalam hal menuntut ilmu,"ujarnya.

Muklis menambahkan, pendidikan merupakan hal kompleks dan luas, Pendidikan adalah fondasi bagi kemajuan sebuah bangsa. Sumber daya manusia yang akan mengatur, dan mengolah sumber daya alam yang ada.

"Saya berharap semua guru PAUD bisa mengikuti kegiatan ini dengan baik sehingga kemampuan para guru PAUD bisa meningkat. Karena pada diklat ini, para guru akan diajarkan tentang konsep, pendekatan dan metode yang tepat dalam mengajar anak-anak usia dini," ungkapnya. (joel)
SHARE :
 
Top