Dok. Humas Pemkab Aceh Besar
LAMURIONLINE.COM I INGIN JAYA - Sebanyak 30 mahasiswa dari sejumlah Fakultas di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta akan melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kecamatan Pulo Aceh, Kabupaten Aceh Besar. Kehadiran rombongan mahasiswa UGM itu diterima oleh Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Aceh Besar Drs Iskandar MSi yang didampingi Asisten I Setdakab Aceh Besar Abdullah SSos, Kadis Pertanian Dr Ir Azhar MSc, Kadis Pangan Ir Fuadi Akhmad, Plt Kadis Kesehatan Lukman SKM MKes dan Camat Pulo Aceh Yusra SH, di Aula Dekranasda Aceh Besar, Gampong Gani Kecamatan Ingin Jaya, Sabtu (29/6).

Dihadapan para mahasiswa KKN itu, Sekdakab Aceh Besar Drs Iskandar MSi menerangkan kondisi Aceh yang saat ini sudah aman dan nyaman untuk di kunjungi termasuk ke kawasan Pulo Aceh, pasca konflik dan tsunami yang melanda Aceh beberapa tahun silam. 

"Aceh saat ini aman dan kondusif, dan kalian mahasiswa juga tidak perlu takut dengan pelaksanaan Syariat Islam yang selama ini sudah diterapkan di Propinsi Aceh untuk jaga norma sosial kemasyarakatan serta adat budaya," pintanya.

Ia juga menyampaikan kepada mahasiswa agar dapat menggali potensi apa saja yang bisa dikembangkan wilayah Pulo Aceh, terutama di bidang pertanian, pangan, perikanan dan juga peternakan. 

“Kehadiran mahasiswa KKN ini agar dapat menggali potensi-potensi baru yang bisa dikembangkan di Pulo Aceh dan mampu memberikan kontribusi positif bagi masyarakat," ujar Iskandar.

Menurutnya, peran nyata KKN PPM UGM diharapkan dapat mendukung upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Besar dalam mengembangkan sektor dan potensi unggulan yang ada di Pulo Aceh. 

“Harapan kami para mahasiswa KKK UGM mampu berinteraksi dengan masyarakat sesuai dengan disiplin ilmu yang dimiliki agar masyarakat mau terlibat aktif dalam pembangunan yang dilaksanakan pemerintah. Misalnya, mengembangkan potensi pertanian dan pangan secara modern di Pulo Aceh,” pungkas Iskandar.


Koordinator Wilayah KKN UGM, Fahmi mengatakan, kerja sama KKN dengan Pemkab Aceh Besar sudah berlangsung beberapa tahun. Ia menyampaikan terima kasih atas sambutan penerimaan mahasiswa yang dirasa luar biasa.

Ia mengatakan, di Pulo Aceh nanti, para mahasiswa akan fokus pada bidang pertanian, perikanan dan peternakan. Kehadiran para mahasiswa ini nantinya diharapkan dapat memberikan banyak masukan kepada masyarakat di wilayah itu.

 “Semoga pelaksanaan KKN UGM ini bisa berjalan dengan sukses dan lancar serta kehadiran mereka bisa memberikan kontribusi positif bagi pembangunan Aceh Besar khususnya di Pulo Aceh,” ujarnya.

Ia menambahkan, para mahasiswa tersebut merupakan semester akhir yangg tentu nya mereka sudah memiliki cukup banyak ilmu yang dipelajari dari berbagai fakultas di UGM, dan saat ini mengabadikan diri kepada masyarakat,  apa yang sudah di pelajari dibangku kuliah.


“Apa yang telah mereka pelajari dikampus, dapat diimplementasikan langsung kepada masyarakat khususnya di Pulo Aceh yang merupakan pulau terluar di Indonesia,” ujar Fahmi.

Sementara Itu, Kabag Humas dan Protokol Setdakab Aceh Besar Muhajir SSTP MPA menyebut, 30 orang mahasiswa UGM yang ditempatkan di Kecamatan Pulo Aceh, satu diantaranya merupakan putra Aceh Besar. 

“Mudah-mudahan apa yang di lakukan oleh mahasiswa KKN Ini akan bisa memberikan manfaat khususnya di wilayah Pulo Aceh,” demikian Kabag Humas dan Protokol Setdakab Aceh Besar. (mariadi)
SHARE :
 
Top