Melalui Milad Media LAMURI Yang Ke-10 Kami Terus Berbenah Untuk Berbagi Informasi Kepada Pembaca (15 Juli 2010 - 15 Juli 2019) Zainal Abidin Pimpin Dewan Dakwah Subulussalam - Lamuri Online
Loading...

Ketua Umum Dewan Dakwah Aceh Dr Tgk Hasanuddin Yusuf Adan MCL MA saat melakukan pelantikan Pengurus Daerah Dewan Dakwah Kota Subulussalam di Masjid At Taqwa Dewan Dakwah, Kampong Penanggalan Timur Kec. Penanggalan, Subulussalam, Sabtu (29/6/2019). Dok. IST
LAMURIONLINE.COM I SUBULUSSALAM - Zainal Abidin SH resmi memimpin Dewan Dakwah Kota Subulussalam periode 2019 -2024. Zainal Abidin bersama pengurus lainnya dilantik oleh Ketua Umum Dewan Dakwah Aceh Dr Tgk Hasanuddin Yusuf Adan MCL MA di Masjid At Taqwa Dewan Dakwah, Kampong Penanggalan Timur Kec. Penanggalan, Subulussalam, Sabtu (29/6).

Acara tersebut dirangkai dengan Halal bi halal Forum Dakwah Perbatasan (FDP) bersama para dai dan masyarakat Kota Subulussalam. Dan turut dihadiri oleh perwakilan Biro Isra Setda Aceh, Kadis Syariat Islam, MPU, perwakilan ormas Islam, Majelis Syura Dewan Dakwah dan undangan lainnya.

Ketua Dewan Dakwah Kota Subulussalam, Zainal Abidin SH, mengatakan bahwa dakwah menjadi tugas dan tanggung jawab bersama. Dari itu ia mengajak semua komponen umat dan dai di Subulussalam untuk bersama-sama mengambil tanggungjawab dakwah ini.

“Oleh karena itu kami sangat mengharapkan dukungan dan bantuan dari semua pihak, khususnya Pemerintah Kota Subulussalam agar dapat memberikan perhatian lebih kepada kegiatan dakwah,” kata Zainal Abidin.

Ketua Umum Dewan Dakwah Aceh Dr Tgk Hasanuddin Yusuf Adan MCL MA dalam sambutannya meminta kepada pengurus yang sudah dilantik agar dapat bekerja secara ikhlas dan profesional. Dengan demikian dakwah dapat berjalan sebagaimana direncanakan. 

“Selain itu perlu sinergi dengan berbagai komponen termasuk Pemko Subulussalam. Kami berharap Pemko Subulussalam dapat mengarahkan pengurus yang baru dilantik ini. Dan yang perlu diingat bahwa dakwah yang dijalankan oleh Dewan Dakwah adalah dalam bingkai bil hikmah walmau'idhatul hasanah dan mujadalah secara ahsan,” kata Tgk Hasanuddin.

Sementara itu Ketua Forum Dakwah Perbatasan (FDP) dr. Nurkhalis, Sp.JP dalam sambutannya menambahkan bahwa FDP dan Dewan Dakwah seperti satu sisi dari 2 sisi mata uang yang tidak bisa dan tidak mungkin dipisahkan. Menurutnya ide awal FDP dan program Safari Dakwah Perbatasan adalah saran dari salah seorang pengurus Dewan Dakwah.

Makanya lanjut Nurkhalis maju mundurnya kegiatan dan program FDP juga ikut menjadi tanggung jawab Dewan Da'wah termasuk juga Dewan Dakwah Subulussalam.

“Tugas dakwah ini adalah wujud syukur atas nikmat yang sudah kita terima selama ini dari Allah Swt. Oleh karena itu marilah kita berdakwah dengan ikhlas semata mata mengharapkan ridha Allah Swt,” Kata Nurkhalis.

Sementara Walikota Subulussalam yang diwakili Asisten III, Masri SP dalam sambutannya mengatakan Pemerintah Kota jelas mendukung upaya dakwah yang dilakukan oleh organisasi keagamaan manapun yang sesuai dengan Al quran dan Al hadits.

“Dakwah hari ini menjadi tantangan kita bersama dan menjadi tanggungjawab kita bersama dalam mensyiarkan islam yang kita anut. Perbedaan pandangan dan pendapat setiap kita jangan dijadikan perpecahan ummat islam. Ingat bahwa perpecahan dapat menimbulkan kelemahan ummat,” kata Masri.

Ketua Umum Dewan Dakwah Aceh Dr Tgk Hasanuddin Yusuf Adan MCL MA menyerahkan secara simbolis bantuan santunan (sembako) kepada kaum dhuafa usai pelantikan Pengurus Daerah Dewan Dakwah Kota Subulussalam di Masjid At Taqwa Dewan Dakwah, Kampong Penanggalan Timur Kec. Penanggalan, Subulussalam, Sabtu (29/6/2019).
Masri menambahkan kesadaran itu harus tumbuh dari diri pribadi sebagai umat islam. Selain itu pelajari agama yang lebih mendalam dan jangan mengikuti pendapat-pendapat yang tidak sesuai dengan syariat.

Perbedaan itu lanjut Masri adalah harus bisa menghargai pendapat orang lain dengan tidak memaksakan kehendak sendirinya karena kepentingan diri dan kelompoknya. Apalagi kepentingan yang telah disusupi oleh unsur eksternal yang dapat merusak persatuan dan kesatuan bangsa.

“Pemko akan mendukung upaya yang dilakukan para da’i dan kerjasama antar unsur pemerintah dengan Dewan Dakwah terutama pengurus baru ini semoga sinergi. Dari itu kami berharap kepada pengurus yang baru saja dilantik untuk bisa mewarnai dakwah di bumi Syaikh Hamzah Fansuri ini sehingga persoalan-persoalan kemunkaran bisa teratasi,” pungkasnya.

Rangkaian acara tersebut diakhiri dengan pemberian santunan (sembako) kepada sekitar 20 keluarga dhuafa dari masyarakat sekitar Mesjid Dewan Dakwah dan makan siang bersama.

Adapun Pengurus Dewan Dakwah Kota Subulussalam yang dilantik diantaranya Zainal Abidin SH sebagai Ketua Umum, Aab Syihabuddin M.Ag sebagai Wakil Ketua Umum, Rahmat Lubis, S.PdI sebagai Sekretaris Umum dan Darmin Tinambunan sebagai Bendahara serta di bantu oleh bidang-bidang lainnya. (said/murdani)
SHARE :
 
Top