Loading...

Bupati Aceh Besar Ir H Mawardi Ali meresmikan pembangunan sarana penyedia air minum di Gampong Lambaro Sukon, Kecamatan Darussalam, Kabupaten Aceh Besar, Jumat (6/9/2019) sore. dok. Humas Pemkab Aceh Besar
LAMURIONLINE.COM I DARUSSALAM - Bupati Aceh Besar Ir H Mawardi Ali meresmikan pembangunan sarana penyedia air minum dan MCK di Gampong Lambaro Sukon, Kecamatan Darussalam, Kabupaten Aceh Besar, Jumat (6/9) sore.

Peresmian sarana penyediaan air minum dan MCK ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Bupati Mawardi Ali tersebut merupakan bantuan Binaan Lingkungan PT BNI Banda Aceh..

Bupati Aceh Besar Ir H Mawardi Ali pada kesempatan itu memberikan apresiasi dan terima kasih atas bantuan sarana dan prasarana air minum bagi masyarakat Lambaro Sukon melalyi bantuan CSR dari PT BNI program BUMN hadir untuk Negeri. 

Menurutnya, jumlah program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) di Aceh Besar ada di beberapa beberapa gampong (desa-red) salah satunya ini yang baru saja di resmikan di Lambaro Sukon. 

"Sistem pembangunan Pamsimas ini dibangun melalui kolaborasi antara Pemkab Aceh Besar PT Bank BNI," sebut Mawardi Ali.

Selain di Lambaro Sukon, yang saat ini sudah berjalan Pamsimas juga ada di Kota Jantho. Banyak Pamsimas dibangun yang setiap tahun ada tiga Gampong. 

"Apa yang sudah bangun dapat dimanfaatkan dan dijaga dengan baik," pintanya.

Ia berharap Pamsimas di Gampong Lambaro Sukon ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat karena ini merupakan PDAM masyarakat yang akan di kelola oleh masyarakat sendiri. 

"Pamsimas yang ada di Lubok Sukon akan dikelola sendiri oleh masyarakat, mudah-mudahan apa yang telah diberikan ini bisa berlanjut," pungkas Mawardi Ali.

Sementara itu, Kepala Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Aceh. M Yoza Habibie ST MT mengatakan sumber pembiayaan Pamsimas yang membangun sumur bor, tower, dan sebagian jaringan perpipaan yang dikolaborasikan dengan sumber dana CSR dari PT Bank BNI dengan totalnya Rp 118 juta  yang akhirnya membuat 772 jiwa di Gampong Lambaro Sukon bisa mengakses 100 persen air bersih dan meningkat akses sanitasi. 




"Setelah ini bangun untuk menjamin sistem penyediaan air minum dan sanitasi (SPAMS) tetap terpelihara sehingga mampu memberi manfaat air minum yang berkelanjutan," pinta Yoza

Pimpinan PT. BNI Cabang Banda Aceh, Amri Hidayat Arief juga berharap kepada masyarakat penerima Pamsimas dapat terus memberikan kontribusi untuk berbagai program lainnya dari BNI melalui BUMN hadir untuk negeri.

Turut hadir pada acara tersebut, Kadis PUPR Aceh Besar Ir Yusmadi MM, sejumlah pejsbat dijajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Aceh Besar, Direktur PDAM Tirta Mountala Ir Sulaiman Sulaiman, Muspika Kecamatan Darussalan. Termasuk Keuchik dan perangkat Gampong Lambaro Sukon, serta warga masyarakat Lambaro Sukon. (mariadi)
SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top