Loading...

dok. Cut Rahma
LAMURIONLINE.COM I BANDA ACEH - Kader 'Aisyiyah memberikan pemberdayaan kelompok masyarakat dibidang kesehatan sebagai tindak lanjut MoU antara Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan Organisasi Masyarakat. Dalam hal ini Pimpinan Pusat 'Aisyiyah mengadakan kegiatan pelatihan terhadap kader-kader 'Aisyiyah di wilayah dan kabupaten/kota,  Sabtu (21/9) bertempat di ruang RA Mardhatillah Kecamatan Jaya Baru, Banda Aceh.

Provinsi yang terpilih untuk pendampingan Bidang Kesehatan adalah Provinsi Aceh, Kalimantan Tengah dan Sulawesi Utara. Sedangkan Kabupaten/ Kota yang terpilih adalah Kota Banda Aceh, Pidie dan Aceh Tengah.

Para kader 'Aisyiyah mendapatkan kapasitas kesehatan  tentang Pencegahan Penyakit Tidak Menular (PPTM), pencegahan stunting (kondisi gagal tumbuh pada balita), kesehatan ibu dan anak serta cakupan imunisasi. 

"Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, pemahaman dan kemampuan hidup sehat baik bagi setiap individu, keluarga dan kelompok masyarakat dalam mencapai derajat kesehatan fisik, mental dan spiritual yang setinggi-tingginya" ujar Hj Lorna Louise, Ketua PD 'Aisyiyah Kota Banda Aceh.


Setiap kader di Kabupaten/Kota memberikan penyuluhan bagi masyarakat di sekitarnya sebagaimana diutarakan salah satu pemateri Dra Thaibatul 'Aini SAg. 

"Di sini kita ada program CERDIK, yang merupakan singkatan dari Cek Kesehatan secara rutin, Enyahkan asap rokok, Rajin aktifitas fisik, Diet seimbang, Istirahat cukup dan Kelola stres. Itulah enam hal yang perlu dilakukan untuk pencegahan penyakit tidak menular ( PTM)" jelas 'Aini.

Kegiatan tersebut juga diisi dengan senam lansia, check tekanan darah, dan demo isi piring ku.

Kontributor: Cut Rahma
SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top