Loading...

LAMURIONLINE.COM I KOTA JANTHO - Menyikapi semakin pekatnya kabut asap kiriman kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) dari daerah lain, Pemerintah Kabupaten Aceh Besar melalui Dinas Kesehatan akan melakukan pembagian ribuan masker kepada masyarakat pengguna jalan di sejumlah titik di wilayah itu.

"Insya Allah besok Selasa 24 September 2019, jajajar Dinas Kesehatan membagian masker di sejumlah titik, salah satunya di Bundaran Lambaro, untuk itu masyarakat diimbau untuk menggunakan masker selama adanya kabut asap," ujar Plt Kepala Dinas Kesehatan kabupaten Aceh Besar, Lukman SKM MKes.

Selain itu, Ia mengimbau, agar masyarakat memperbanyak konsumsi air putih dan buah-buahan, untuk mengantisipasi ternyadinya penyakit yang disebabkan kabut asap ini. 

"Kita himbau kepada masyarakat untuk menggunakan masker. Bagi-bagi masker dilakukan di kawasan Lambaro, kemudian untuk di Puskesmas, nanti kita sampaikan untuk dibagikan," katanya.

Masyakarat di wilayah Aceh Besar diharapkan tidak panik. Sebab, kata Lukman, kabut asap tersebut berasal dari daerah lain. 

"Harapan kita, masyarakat jangan panik, karena asap ini berasal dari kabupaten atau provinsi lain, kita berdoa mudah mudahan turun hujan untuk merendahkan asap ini," katanya.

Selama masa darurat kabut asap, Pemkab Aceh Besar melalui Dinas Kesehatan, berupaya membagikan ribuan masker gratis kepada masyarakat. Meskipun demikian, Dinas Kesehatan selalu siaga untuk menindaklanjuti kemungkinan terjadinya penyakit yang diakibatkan kabut asap tersebut.

"Untuk penanganan sementara kita bagikan masker. Dan sejauh ini, belum ada laporan penyakit seperti ISPA dan lainnya, tetapi besok kita lihat nanti. Dan kita tetap siaga," ujarnya.

Pantauan media ini, Senin (23/9) sore, asap tebal mulai menyelimuti kawasan Aceh Besar, seperti di kawasan Lambaro, Lampeuneurut, dan bahkan di Kota Jantho sangat pekat. Bahkan sudah mempengaruhi jarak pandang bagi pengguna jalan. (mariadi)
SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top