Loading...

Ratusan tamatan SMK tumpah ruah di arena job matching yang di gelar SMK Negeri 1 Al Mubarkeya, Aceh Besar di aula sekolah tersebut di Desa Kayee Lee Kecamatan Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar, Selasa (24/9/2019). dok. IST
LAMURIONLINE.COM I INGIN JAYA - SMK Negeri 1 Al Mubarkeya, Aceh Besar menggelar kegiatan job matching (pemasaran tamatan) di aula sekolah tersebut di Desa Kayee Lee Kecamatan Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar, Selasa (24/9). 

Kegiatan tersebut dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Aceh yang diwakili oleh Kasubbag Keuangan dan Pengelolaan Aset, Syukri, S.Sos, M.Pd dan turut dihadiri oleh beberapa pejabat dari Pemerintah Aceh dan Kabupaten Aceh Besar.

Ketua Panitia Pelaksana Hanifah Djafar, MPd mengatakan kegiatan yang dipusatkan di Aula SMKN 1 Al Mubarkeya diikuti oleh puluhan perusahaan. Dimana perusahaan tersebut membuka ratusan lowongan kerja khusus untuk tamatan SMK yang ada di Banda Aceh dan Aceh Besar.

“Ratusan tamatan SMK terlihat tumpah ruah di arena job matching. Mareka sangat antusias menanyakan lowongan kerja yang tersedia. Sebagiannya ada juga yang langsung melakukan berbagai proses pendaftaran lowongan kerja dimasing-masing stand Dunia Usaha dan Industri (DUDI) yang disiapkan oleh panitia. Dan kegiatan ini merupakan sejarah baru bagi dunia pendidikan kejuruan di Aceh,” kata Hanifah

Kepala SMKN 1 Al Mubarkeya, Baihaqi, S.Pd, M.Pd mengatakan yang paling penting dalam acara job matching tersebut adalah adanya komitmen dari  perusahaan-perusahaan untuk mau bekerja sama dengan sekolah-sekolah kejuruan dengan membuka lowongan kerja sebesar-besarnya kepada tamatan sekolah kejuruan tersebut.

“Kegiatan ini merupakan salah satu upaya dari sekolah melalui Bursa Kerja Khusus (BKK) dengan memfasilitasi lowongan kerja dari Dunia Usaha dan Industri (DUDI) kepada para tamatan SMK. Dimana tujuannya agar mereka mendapatkan pekerjaan sesuai dengan kompetensi masing-masing yang dimilikinya,” jelas Baihaqi

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Aceh dalam sambutannya yang disampaikan oleh Kasubbag Keuangan dan Pengelolaan Aset, Syukri, S.Sos, M.Pd menjelaskan bahwa saat ini persoalan pengangguran sudah menjadi masalah utama yang harus segera diselesaikan oleh pemerintah. Dan pengangguran tingkat menengah, khususnya tamatan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), menjadi fokus utama yang harus segera diselesaikan bersama, baik oleh Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah.


“Dengan adanya program job matching SMK seperti ini, dapat menjadi wahana mediator yang menjembatani antara pencari kerja tamatan SMK dengan penyedia lapangan kerja tingkat menengah. Dan kita berharap akan banyak tamatan SMK yang akan mendapatkan pekerjaanya disini,” kata Syukri.

Adapun perusahaan-perusahaan yang ambil bagian dalam acara job matching di SMKN 1 Al Mubarkeya, diantaranya PT. Dipo Internasional Pahala Otomotif, PT. Darussalam Berlian Motor, PT. Capella Medan-Daihatsu, Indah Taylor, Metaphore Indonesia, CV. Ezaraya Design, Hadrah Group, Banda Riefi, Ipah Moudiste, Sararizqa, CV. Engineer+, PT. Dunia Barusa, Nusantara Steel, CV. Mitra Wirausaha, PT. Indomobil Prima Niaga (HINO Dealer), Pizza Hut, CV. Juru Bina, Danish Car Interior, Canai Mamak KL dan CV. DO IT Project Indonesia. (murdani TJ)
SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top