Loading...

Ketua STAI Tgk Chik Pante Kulu,
Tgk Jamaluddin Thaib MA
LAMURIONLINE.COM I BANDA ACEH - Sebanyak 70 mahasiswa baru Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Yayasan Tgk Chik Pante Kulu Banda Aceh mengikuti kegiatan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) tahun akademik 2019/2020 selama 3 hari mulai 5-7 September 2019 di kampus tersebut, Darussalam, Banda Aceh.

Kegiatan dengan tema "Menciptakan Budaya Akademik yang Meu Dayah, Meu Aceh, Mandiri dan Kompetitif" itu di buka secara resmi oleh Ketua Yayasan Tgk Chik Pante Kulu Fakhrurrazi Zamzami, MBA. Turut dihadiri oleh Ketua STAI Tgk Chik Pante Kulu, Tgk. Jamaluddin Thaib MA, civitas akademika, para dosen dan para alumni STAI Tgk Chik Pante Kulu.

Ketua Panitia Pelaksana Dr Sarina Aini, Lc MA, Kamis (5/9) mengatakan PBAK itu berlangsung selama 3 hari. Hari pertama dan kedua berlangsung diseputaran kampus tersebut. Para mahasiswa baru itu dibekali dengan materi pengenalan kampus. Diantaranya terkait dgn sejarah lahirnya kampus STAI Tgk Chik Pante Kulu sebagai bagian dari berdirinya Komplek Pelajar Mahasiswa (Kopelma) Darussalam, penjelasan teknis perkuliahan dan pengenalan budaya akademik dan budaya dayah.

Selain itu juga dilakukan silaturrahmi dan taaruf antara mahasiswa dengan civitas akademika, membersihkan ruang belajar dan pekarangan,  serta pengenalan lingkungan sekitar  kampus

“Sedangkan di hari ketiga para mahasiswa akan melakukan ziarah dan bakti sosial ke Makam Tgk Chik Pante Kulu di Gampong Lam Leuot, Kuta Cot Glie, Aceh Besar. Juga akan diisi dengan zikir dan taushiyah tentang sejarah kehidupan Tgk Chik Pante Kulu. Kegitan ini bekerjasama dengan Muspika setempat,” kata Sarina Aini. 

Sarina Aini menambahkan kegiatan PBAK itu dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan silaturrahmi antar mahasiswa baru dengan civitas akademika STAI. Selama PBAK juga diisi dengan berbagai materi dan juga motivasi yang pada akhirnya mahasiswa diharapkan mampu bersaing di era digitalisasi 4.0 serta menjadi mahasiswa yang Meu Dayah dan Meu Aceh dan kompetitif. 

Sementara itu Ketua STAI Tgk Chik Pante Kulu yang juga juga pimpinan Dayah Tgk Chik Pante Kulu, Tgk Jamaluddin Thaib MA dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada para mahasiswa baru di kampus STAI Tgk chik Pante Kulu. 

Menurut Tgk Jamaluddin di kampus tersebut mulai tahun ini selain melakukan pembinaan sebagaimana kampus pada umumnya, juga memadukan program kampus dengan program dayah. Dari itu para  mahasiswa STAI wajib mengikuti kegiatan-kegiatan dayah, seperti belajar kitab kuning, tahsin dan tahfizd quran, belajar keterampilan, muhadharah dan juga program dayah lain. Selain itu khusus untuk mahasiswa angkatan 2018 dan 2019 masuk secara gratis, bebas SPP dan menginap di asrama kampus selama kuliah.

“Kedepannya jajaran pimpinan STAI akan terus melakukan terobosan dan perubahan kaarah kemajuan kampus yang lebih baik lagi. Pengembangan kampus dengan perpaduan aktivitas dayahnya diharapkan akan menjadikan lulusan STAI untuk mampu bersaing diera kemajuan teknologi dengan tidak menghilangkan ciri khas keacehannya yang meudayah,” pungkas Tgk Jamaluddin. (murdani)
SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top