Dok. Humas Pemkab Aceh Besar
LAMURIONLINE.COM I KOTA JANTHO - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Besar menggelar upacara peringatan Hari Pendidikan Daerah (Hardikda) ke 60 tingkat Kabupaten Aceh Besar yang berlangsung tertib dan lancar dengan inspektur upacara Bupati Aceh Ir H Mawardi Ali dan dilaksanakan di Lapangan Bungong Jeumpa, Senin (2/9).

Selain diikuti jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkab Aceh Besar, upacara tersebut juga diikuti oleh 3000an insan pendidikan seperti kepala sekolah, guru dan para pelajar dilingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan serta Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Aceh Besar.

Turut hadir juga Ketua Sementara DPRK Aceh Besar Iskandar Ali SPd, Kapolres Aceh Besar AKBP Ayi Satria Yuddha SIK MSi, unsur Forkopimda Aceh Besar lainnya, Plh Sekdakab Abdullah SSos, Kakankemenag Aceh Besar H Abrar Zym SAg, para asisten, staf Ahli, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Aceh Besar dan juga Anggota DPRK lainnya.

Dalam upacara tersebut, Bupati Aceh Besar Ir H Mawardi Ali membacakan amanat tertulis Ptl Gubernur Aceh dengan mengajak agar kiranya menjadikan momentum Hari Pendidikan Aceh untuk memperkuat tekad agar dapat melahirkan generasi muda Aceh yang cakap, religius, kreatif, inovatif, inventif, pekerja keras, berdaya saing tinggi, serta memiliki karakter keacehan yang kental. 




"Dengan generasi muda yang berkualitas, Insya Allah kita akan mampu membawa perubahan menuju “Aceh Hebat” di masa mendatang," ujar Plt Gubernur Aceh.

Pelaksanaan upacara bendera peringatan Hardikda tersebut tidak seperti biasanya para pejabat yang hadir mulai dari Bupati, Ketua DPRK hingga Kepala Sekolah menggunakan pakaian adat Aceh. Selain itu, usai upacara para siswa dari berbagai sekolah menampilkan atraksi pantomim, tarian dan drum band.

Secara terpisah, Mawardi Ali kepada wartawan mengatakan, peringatan Hardikda bukan hanya secara seremonial tapi menjadi momentum untuk meningkatkan tafakur bagaimana cara kualitas pendidikan Aceh khususnya Aceh Besar dari tahun ke tahun dapat terus meningkatkan. 

"Terus merinovasi memajukan pendidikan di Aceh Besar dalam melahirkan generasi yang mampu menguasai tekhnologi dan memiliki karakter islami," ujarnya.

Ia menegaskan dalam memajukan dan meningkatkan mutu pendidikan, Pemkab Aceh Besar melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan saat ini telah menerapkan Sistem Pendidikan Terpadu (SPT). Dimana SPT ini yakni memadukan sistim pendidikan nasional dengan pendidikan agama (hafidz dan diniyah) serta pendidikan budi pekerti untuk mewujudkan pendidikan berkarakter tersebut telah masuk dalam inovasi pendidikan nasional yang patut dicontoh dan diadopsi.

"Sistim Pendidikan Terpadu sebagai Inovasi yang telah berjalan di Aceh Besar dan telah dipresentasikan oleh Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Besar dalam seminar Nasional di Makassar, Sulawesi Selatan beberapa waktu lalu," ungkap Mawardi Ali.

Menurut Bupati Mawardi Ali, pihaknya akan terus melakukan evaluasi, dan bahwa dalam pelaksanaan masih ada tahapan serta tantangan salah satunya pada guru. Untuk itu, perlu dipersiapkan berbagai pelatihan kepada para guru guna meningkatkan sumber daya untuk menerapkan SPT kepada anak didiknya di sekolah. 

"Selama pelaksanaan SPT di Kabupaten Aceh Besar, diharapkan mutu pendidikan bisa semakin meningkatkan dan momentum Hardikda tahun ini adalah juga kebangkitan bagi pendidikan di Kabupaten Aceh Besar," pungkas Ir H Mawardi Ali, Bupati Aceh Besar.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Besar, Dr Silahuddin MAg, menambahkan bahwa dengan peringkatan Hhardikda kita berharap munculnya keinginan bersama untuk mewujudkan pendidikan yang bermutu di Aceh Besar serta mendukung sistem pendidikan terpadu yang merupakan salah satu dari visi dan misi Bupati/Wakil Bupati Aceh Besar Periode 2017-2022. 



"Dengan kerja sama dari semua stakedholder pendidikan Aceh Besar akan mampu bersanding dengan daerah lainnya yang sudah duluan lebih maju dalam pendidikan," tandasnya.

Ia mengungkapkan bahwa peringatan Hardikda di Aceh Besar tahun ini ada sejumlah acara. Selain upacara bendera, juga sebelumnya telah dimulai dengan seminar pendidikan pada 31 Agustus 2019  lalui di Aula SMKN Al Mubarkeya. 

"Kita juga menggelar malam Anugerah Insan Pendidikan pada Sabtu 7 September 2019 malam di SMK Almubarkeya dengan agenda pemberian reward dan apresiasi bagi para tokoh-tokoh yang telah ikut andil memberikan kontribusi dari berbagai sisi untuk memajukan dan berinovasi di dunia pendidikan khususunya di Aceh Besar," demikian Dr Silahuddin MAg, Kadisdikbud Aceh Besar. (mariadi)
SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top