Loading...

dok. IST
LAMURIONLINE.COM |KOTA JANTHO - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Besar menjalin kerjasama bidang kesehatan dengan Universitas Donggang Korea Selatan. Pertemuan antara perwakilan universitas Donggang dengan Pemkab Aceh Besar pada program lanjutan KOICA-KAHP berlangsung di Meuligoe Bupati Aceh Besar, Kota Jantho, Jumat (20/12).

Hadiri dalam pertemuan itu, Sekdakab Aceh Besar Drs Iskandar MSi dalam hal ini mewakili Bupati Aceh Besar, Asisten Pemerintahan dan Kesra Setdakab Aceh Besar Abdullah SSos, Plt Kepala Dinas Kesehatan Aceh Besar Lukman SKM MKes, Perwakilan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Besar, Perwakilan Kankemenag Aceh besar, Perwakilan Universitas Donggang Korea Selatan (Prof.Lee keonhun dan Prof. Kim yunsik serta beberapa mahasiswanya), Perwakilan yayasan Permata Hati serta para pejabat lainnya.

Sebagaimana sampaikan Sekdakab Aceh Besar Drs Iskandar MSi, kedatangan pihak Korea merupakan kunjungan lanjutan dari program kerjasama antara Univeritas Donggang dengan Pemerintah Kota Banda Aceh dan Pemkab Aceh Besar. Dimana, program tersebut bertujuan pada peningkatan kualitas kesehatan dan juga pendidikan. 

"Kami sangat berterimakasih atas kunjungan ini, saya selaku Sekda Aceh besar mewakili Bupati Aceh Besar sangat mengapresiasi program ini karena jumlah sekolah dan juga pusat kesehatan masyarakat di Aceh Besar yang cukup banyak dan ini sejalan dengan program pemerintah dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan kesehatan di Aceh Besar," katanya.

Sementara Prof Lee Keonhun menyampaikan terimakasih atas sambutan yang luar biasa dari Pemerintah Aceh Besar, pihaknya telah mengunjungi beberapa sekolah sepertiS SDN Peukan Bada dan juga MIN Lambaro.

"Antusiasnya sangat luar biasa pada peningkatan kualitas pendidikan, baik dari siswa maupun guru-gurunya. Kami juga ingin program ini terus berlanjut," ujarnya

Senada dengan yg disampaikan Sekdakab Aceh Besar, Asma Marzuki yang mewakili yayasan Permata Hati menyampaikan, bahwa jika berkenan, dari segi kesehatan akan dibuat kerjasama bantuan peralatan kesehatan demi peningkatan kualitas kesehatan masyarakat Aceh Besar. Dari segi pendidikan dapat kita lakukan Kerjasama beasiswa ataupun pertukaran pelajar kesana dengan syarat yaitu menguasai bahasa Korea dan sedikitnya uang saku pribadi, selebihnya akan ditanggung Universitas Donggang.



Sedangkan Plt Kadinkes Aceh Besar Lukman SKM MKes menyampaikan presentasi beberapa program Kesehatan di Aceh Besar. Salah satunya program UKS sebagai salah satu standar pelayanan minimal (SPM) kesehatan. Dijelaskan dukungan anggaran program UKS tahun 2020 diperuntukkan utk kegiatan, diantaranya penjaringan kesehatan, program peningkatan kapasitas dokter kecil dan pengelola UKS, Lomba sekolah sehat, Penambahan kelengkapan sarana prasarana UKS dan lainnya. 

"Setelah terjalinnya kerjasama ini alhamdulillah beberapa Puskesmas di aceh besar dapat mencapai SPM 100 persen," ungkapnya.

Dalam pertemuan ini juga dilakukan Penyerahan cenderamata dari Pemkab Aceh Besar yang diserahkan Sekda Aceh Besar kepada Prof Lee dan Prof Kim, beserta mahasiswa Universitas Donggang dan juga penyerahan sertifikat dari pihak Korea kepada Pemkab Aceh Besar. Juga diserahkan kepada perwakilan Disdikbud, dinas kesehatan,  perwakilan Kankemenag, dan juga Kabag Kesra setdakab Aceh Besar. (mariadi/rel)
SHARE :
 
Top