Loading...

dok. IST
LAMURIONLINE.COM I ACEH BESAR - Wakil Ketua Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN MUI) pusat Prof. Dr. H. Jaih Mubarok, MH M.Ag dan Dr. H. Hasanuddin, M. Ag melakukan kunjungan ke Dayah Darul Quran Aceh (DQA) di dayah tersebut, jalan Banda Aceh-Medan, Km 19,5 Gampong Tumbo Baro, Kecamatan Kuta Malaka, Aceh Besar.

Kedatangan dua tokoh yang dekat dengan Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin itu disambut langsung Direktur DQA, Ustaz Hajarul Akbar Al Hafiz MA.

Prof Jaih Mubarok mengatakan kunjungannya itu dalam rangka silaturrahmi dan menjalin kerjasama dengan Dayah DQA. Ia juga merasa senang dan turut bangga melihat perkembangan pesat di DQA. Padahal dayah tersebut baru berdiri 2017 silam.

“Alhamdulillah, kami berkesempatan mengunjungi dayah DQA dan melihat langsung perkembangannya. Kami sangat bangga dan senang melihat perkembangan yang pesat di DQA, meskipun baru berjalan kurang dari 3 tahun. Dan kini nama DQA sudah terdengar di seantero Nusantara,” kata Prof Jaih Mubarok. 

Adapun Wakil Ketua DSN MUI lainnya, Dr Hasanuddin, M.Ag juga menyampaikan rasa terimakasih atas jamuan dan sambutan yang luar biasa dari pengurus DQA. Ia pun secara pribadi merasa bangga dikarenakan Direktur Dayah DQA, Ustaz Hajarul Akbar Al Hafiz MA merupakan anak didiknya dan juga pembimbing tesisnya ketika ia mengenyam pendidikan di Institut Ilmu Quran (IIQ) Jakarta.

Ia menambahkan tentunya seorang guru akan sangat bangga ketika melihat muridnya bisa membuat terobosan baru dalam dunia pendidikan dengan membangun sebuah lembaga yang berkualitas di daerah Aceh. Sebelumnya Ustaz Hajarul juga merupakan salah satu perintis Darul Quran Mulia yang sudah sangat maju saat ini yang berada di wilayah Serpong Tangsel tersebut.

“Bagaimanapun seorang guru tentu sangat terharu melihat capaian anak didiknya. Semoga saja dayah DQA akan semakin maju dan dipercaya oleh masyarakat Aceh,” kata Dr Hasanuddin.


Sementara itu Direktur DQA, Ustaz Hajarul Akbar Al Hafiz MA, menjelaskan kedua tokoh nasional tersebut merupakan dewan pakar DSN-MUI pusat. Ia menjelaskan saat ini DQA memiliki luas tanah lebih kurang 6 hektar, dengan jumlah santri 280 orang, jumlah guru dan karyawan 56 orang. Hingga saat ini DQA berada di bawah yayasan Wakaf Haroen Aly dengan Ketua Yayasan Dr. H. Yasir Yusuf, MA.

Pada kesempatan tersebut melalui kedua Wakil Ketua DSN MUI pusat itu, ia juga berharap Wakil Presiden RI KH. Ma'ruf Amin agar dapat hadir ke dayah DQA dalam rangka peresmian dayah tersebut yang direncanakan akan dilangsungkan dalam waktu dekat.

“Besar harapan kami akan kedatangan Bapak Wakil Presiden. Semoga saja harapan tersebut dapat terwujud,” pungkas Ustaz Hajarul Akbar. (murdani/rel)
SHARE :
 
Top