Loading...


LAMURIONLINE.COM | OPINI PUBLIK - Setelah sekian lama Pemerintah mengambil kebijakan "Lock Down" ke sekolah bagi lembaga pendidikan dalam mengantisipasi penyebaran virus Corona sejak Pandemi Covid-19, dengan mengantikan metode belajar dari rumah dengan sistim Daring (Dalam Jaringan) dan Luring (Luar Jaringan) internet.

"Sebentar lagi sekolah akan segera dimulai, selama ini peran orang tua telah bertambah guru," ujar Sirathallah

Sebagai orang tua, ia merasa perannya tidak cukup menggantikan guru sebagaimana peran guru seharusnya walaupun teknologi terus berkembang.

"Sungguh, Peran guru tak tergantikan. Terbukti selama belajar di rumah sejak Pandemi Covid-19," terang Sirath yang pernah menjadi Finalis Duta Baca Aceh tersebut.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen antara lain memiliki tugas mengajar, mengarahkan dan mendidik, serta memberi evaluasi sehingga dapat mengembangkan potensi peserta didik mereka. Ia mengharapkan guru menjadi cermin masa depan bangsa

"Sebagai sumber ilmu, guru harus terus mengikuti perkembangan teknologi, meningkatkan kapasitas diri dan lebih mengedepankan sikap Akhlaqur Karimah sebagai cermin generasi bangsa kedepan," katanya.

Hal itu penting katanya, mengingat masih banyak pelajar pemuda yang masih terpengaruh dengan Hoax, ujaran kebencian dan sifat-sifat yang tidak mencerminkan anak bangsa yang beragama dan beradab. 

SHARE :
 
Top