Loading...


LAMURIONLINE.COM I ACEH BESAR - Gampong Weubada Kecamatan Montasik  terpilih sebagai satu-satunya Gampong di Provinsi Aceh yang menerima penghargaan dari Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto. Prestasi mengagumkan yang digapai bersamaan dengan peringatan Hari Kesehatan Nasional Tahun 2020 itu sesuai dengan Keputusan Menkes Republik Indonesia No.HK.01.07/Menkes/6629/2020 Tentang Penganugerahan Tanda Penghargaan Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular (Posbindu) Tahun 2020. Untuk tahun ini, sebanyak 15 kabupaten/kota di Indonesia berhak mendapat penghargaan dari Kemenkes RI tersebut.

Penghargaan dari Menkes ini diterima Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu) Penyakit Tidak Menular (PTM) Berkah Gampong Weubada, Kecamatan Montasik untuk kategori inovasi dan integrasi.

Bidan Desa Weubada, Desi Handayani yang  dihubungi Redaksi, menyampaikan  ucapan terimakasih tak terhingga kepada seluruh aparatur desa yang telah mendukung program posbindu di desa Weubada dengan menggunakan Anggaran Dana Desa untuk mewujudkan kesehatan masyarakat Weubada secara optimal. "

"Semangat kerja yang luar biasa ditunjukkan kader posbindu dalam menjalankan semua kegiatan posbindu. Sasaran masyarakat untuk kegiatan posbindu ini adalah masyarakat yang usia 15 tahun ke atas"ujar Desi 

Lebih lanjut, Desi mengatakan partisipasi masyarakat yang luar biasa sangat berpengaruh terhadap kegiatan posbindu. Posbindu berkah memiliki program unggulan. Contohnya, sebelum dimulainya kegiatan posbindu masyarakat terlebih dahulu senam dan kader menyediakan minuman herbal untuk peserta posbindu yang diolah oleh kader dengan memanfaatkan toga (taman obat keluarga) yang ada di desa Weubada. Di samping itu masyarakat juga mendapatkan pelayanan akupresure sesuai dengan keluhan yang dirasakan oleh peserta posbindu. 

''Tanpa ada tim yang luar biasa kita bukanlah apa apa. Insyaallah bersama kita bisa. Mari terus maju demi meningkatkan derajat kesehatan desa Weubada kita tercinta"' tutup Desi.

Sementara itu Bupati Aceh Besar, Mawardi Ali menyampaikan rasa syukur dan kebanggaannya atas prestasi yang diraih.

“Alhamdulillah, prestasi tingkat nasional yang diberikan Menteri Kesehatan Republik Indonesia ini merupakan kebanggaan bagi Pemkab, jajaran kesehatan, dan masyarakat Aceh Besar. Terima kasih atas dukungan dan kerja keras semua pihak,” ungkap Bupati Aceh Besar Ir Mawardi Ali didampingi Kabag Humas dan Protokol Setdakab Aceh Besar Muhajir SSTP MPA, usai menerima penghargaan tersebut, Kamis (12/11).



Penghargaan Posbindu PTM itu diberikan Menkes RI sebagai apresiasi kepada Posbindu PTM yang selama ini telah berperan serta secara aktif dalam deteksi dini dan edukasi pencegahan faktor risiko penyakit tidak menular.

Selama ini berbagai kegiatan dilakukan di Posbindu PTM. Di antaranya kegiatan monitoring faktor risiko bersama PTM secara rutin dan periodik, konseling faktor risiko PTM tentang diet, aktifitas fisik, merokok, stres, dan lain sebagainya. Juga dengan melakukan penyuluhan/dialog interaktif sesuai dengan masalah PTM yang ada.

Bupati Aceh Besar berharap, agar dengan adanya penghargaan tingkat nasional ini akan semakin meningkatkan motivasi dan kerja keras para ASN, terutama di lingkungan Dinas Kesehatan Aceh Besar. 

”Ini merupakan prestasi bagi kita semua. Terima kasih jajaran Dinkes Aceh Besar,” ucapnya. (mursyidan/rel)

SHARE :
 
Top