LAMURIONLINE.COM I JAKSEL - Memperingati hari jadi yang ke-16 tahun, LAZ Al Azhar menggelar tasyakuran yang diselenggarakan di Aula Buya Hamka, Masjid Agung Al Azhar, Jakarta Selatan, Selasa (01/12). Acara sederhana ini juga diselenggarakan secara virtual lewat live streaming agar para tamu undangan serta mitra yang tidak bisa datang ke lokasi tetap bisa menyaksikan secara langsung. Acara ini dihadiri oleh para pengurus YPI Al Azhar, mitra strategis dan jajaran amil LAZ Al Azhar.

Direktur LAZ Al Azhar Daram mengatakan tema yang diusung pada milad kali ini adalah ‘Gemilangkan Indonesia’ merujuk pada kiprah LAZ Al Azhar yang terus konsisten menghadirkan kesejahteraan bagi para penerima manfaat melalui program pemberdayaan masyarakat yang komprehensif, terstruktur dan berkelanjutan.

“Alhamdulillah, di usia ke-16 tahun ini kita terus konsisten menghadirkan keberdayaan bagi masyarakat.  Meski di tengah pandemi, di tengah kondisi yang serba menurun, ada kabar baik penghibur hati bagi kita semua. Desa Pelakat salah satu desa binaan LAZ Al Azhar mendapatkan penghargaan Desa Proklim Lestari oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Indonesia. Penghargaan ini adalah yang kedua kali diterima des aini, setelah sebelumnya di tahun 2015 lalu. Ini adalah salah satu bukti bahwa pendampingan dan program pemberdayaan yang kita jalankan di desa-desa binaan terbukti nyata mampu menghadirkan kesejahteraan yang berkelanjutan“ ujar Daram.

Meski pandemi juga menyebabkan perekonomian menurun dan berimbas pada penghimpunan, tapi jumlah desa yang akan menjadi Desa Gemilang terus bertambah. Insya Allah akan segera hadir Desa Gemilang di pedalaman Riau yang bekerjasama dengan YBM PLN. “Ini sebagai bukti bahwa kita tidak boleh menyerah pada keadaan. Kita harus terus berbuat demi kegemilangan bangsa ini dengan cara dan tenaga dan pikiran yang kita bisa”, jelas Daram.










Wabah Covid-19 yang menghantam seluruh sendi kehidupan masyarakat khususnya di Indonesia sangat dirasakan dampaknya khususnya keluarga dhuafa. Alhamdulillah LAZ Al Azhar bersama para mitra turut membantu peran pemerintah dalam menangani wabah ini mulai dari aksi penyemprotan berbagai fasilitas umum dengan cairan disinfektan, edukasi serta pemberian peralatan kesehatan seperti masker, vitamin, dan hand sanitizer, pendistribusian sembako ke puluhan ribu jiwa, hingga pemberian modal usaha bagi para pegiat UMKM.

Dalam acara yang juga dihadiri oleh Muhammad Fuad Nasar selaku Sekretaris Ditjen Bimas Islam Kementrian Agama RI juga digelar launching program Air Mineral Al Azhar (AMA) dan Bengkel Motor Matic Rumah Gemilang Indonesia (RGI) yang sudah beroperasi di 2 tempat yakni Klaten dan Depok.

“Air mineral yang sumbernya dari mata air alami di lingkungan Masjid Al Azhar ini, Insya Allah dapat bermanfaat untuk umat. AMA ini sudah aman untuk dikonsumsi karena telah lolos uji laboratorium kesehatan daerah Kota Tangerang Selatan. Pembukaan 2 bengkel RGI ini juga bukti nyata dalam mengembangkan keterampilan serta pembentukan karakter pemuda pengangguran agar menjadi sumber daya manusia yang berdaya saing tinggi”, pungkas Daram. (smh/rel)

SHARE :
 
Top