Ketua PGRI Kota Banda Aceh, Zulfikar, SE (baju merah) melakukan bakti sosial dalam bentuk penghijauan berupa penanaman sejumlah pohon di Kecamatan Kuta Alam dan Syiah Kuala, Jumat (11/12/2020). Kegiatan tersebut merupakan dalam rangkaian Perayaan HUT ke-75 PGRI dan Hari Guru Nasional (HGN) tahun 2020.

LAMURIONLINE.COM | BANDA ACEH - Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kota Banda Aceh menggelar bakti sosial dalam bentuk penghijauan berupa penanaman sejumlah pohon di Kecamatan Kuta Alam dan Syiah Kuala, Jumat (11/12).

Ketua Panitia Pelaksana, Sabriadi mengatakan kegiatan tersebut merupakan dalam rangkaian Perayaan HUT ke-75 PGRI dan Hari Guru Nasional (HGN) tahun 2020.

Sebelumnya juga sudah dilaksanakan aneka lomba diantaranya turnamen badminton, lomba vocal grup dan lomba karya inovatif guru dalam bentuk Best Practice. Selain itu juga dilaksanakan seminar nasional.

“Hari ini dilaksanakan kegiatan pengabdian sosial dalam bentuk penghijauan. Kita menanami 100 batang pohon tanaman yang nantinya berguna bagi masyarakat. Diantaranya pohon ketapang, cemara dan trumbesi,” kata Sabriadi.




Ketua PGRI Kota Banda Aceh, Zulfikar SE yang didampingi  Kasi Kurikulum SMP Disdik Kota Banda Aceh, Marwan, S.Ag MPd menjelaskan kegiatan itu bermaksud untuk mengembangkan literasi sekolah. Dimana guru dan siswa tidak hanya menggunakan sumber pembelajaran  di sekolah dan lingkungan sekolah.

“Akan tetapi guru dituntut juga untuk mengembangkan literasi di luar sekolah dengan pemanfaatan sumber belajar lingkungan seperti kawasan pinggiran laut, empang dan kawasan wisata,” kata Zulfikar.

Ia menambahkan kegiatan penghijauan itu didukung oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Banda Aceh, Dinas Kebersihan dan Lingkungan hidup, Muspika Kuta Alam dan Muspika Syiah Kuala. Juga para kepala sekolah dewan guru Dinas Pendidikan dan Kemenag serta masyarakat.

“Kami berharap dengan penghijauan itu akan mendorong masyarakat dan warga sekolah untuk menjaga kelestarian dan kebersihan lingkungan serta tidak membuang sampah sembarang. Dan kami mengucapkan terimakasih atas kerjasama semua pihak yang telah membantu pelaksanaan penghijauan ini,” pungkas Zulfikar. (murdani/rel)

SHARE :
 
Top