lamurionline.com -- Banda Aceh : Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Provinsi Aceh menggelar Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) yang dibuka resmi oleh Ketua Dewan Pengurus Pusat BKPRMI yang di wakili Ketua V DPP BKPRMI H Akhyar Mohd. Ali SAg MAg, Jum'at (19/3/2021). 



T Raja Fadhlullah SE, sekretaris panitia Rakerwil menjelaskan bahwa kegiatan dilaksanakan selama tiga hari mulai tanggal 19-21 Maret 2021 di Building Center DPW BKPRMI Aceh dengan mengusung tema "Bersama, Bersinergi, Bangun BKPRMI", dan diikuti oleh 23 kabupaten kota. 

Ketua Umum DPW BKPRMI Aceh, Dr. Mulia Rahman, dalam sambutannya menyampaikan ucapan ribuan terima kasih karena semua ketua DPD BKPRMI 23 kabupaten kota dan anggota bisa hadir pada Rakerwil I BKPRMI Aceh. "Kehadiran semua teman-teman DPD hadir ke Banda Aceh dari daerah masing-masing tanpa support dana dari manapun, akan tetapi semua dari dana pribadi sebagai wujud mujahadah dan rasa cinta pemuda remaja masjid untuk memakmurkan masjid-masjid di Aceh,” Dr Mulia. 

Ia menambahkan, kegiatan Rakerwil I ini bertujuan untuk menyeragamkan visi misi BKPRMI, dimulai dengan keseragaman administrasi dan manajemen organisasi, keseragaman tatib nomor unit TPA dan remaja masjid di kabupaten kota, keseragaman brigade masjid di kabupaten kota yang tersebar di masjid-masjid.

“Nantinya akan kita rekomendasikan beberapa hal penting dari rakerwil untuk penguatan penerapan syariat Islam di Aceh. Harapannya kedepan agar kehadiran BKPRMI dikabupaten kota semakin dirasakan oleh masyarakat Aceh di gampong-gampong,” pungkasnya.

Ketua V DPP BKPRMI, H Akhyar Mohd. Ali S Ag M Ag dalam sambutannya menyampaikan bahwa seluruh kader BKPRMI mengunakan istilah yang lazim di BKPRMI, sebutan akhi untuk laki-laki dan ukhti untuk perempuan, sedangkan Ikhwan merupakan kader laki-laki dan akhwat kader perempuan. Seluruh kader BKPRMI juga harus menghafal ayat dan hadis wajib sebagai dasar organisasi. 

“Kader remaja masjid harus mempunyai ciri khas dan dasar organisasi seperti menghafal ayat dan hadis wajib seperti QS. At-Taubah ayat 18 dan hadis tentang naungan Allah terhadap pemuda yang memakmurkan dan terpaut hatinya dengan masjid”. Pungkasnya. 

Akhyar menegaskan, jika remaja masjid terus mengingat, memperhatikan dan menjalankan Khittah BKPRMI sebagai citra remaja masjid. “ jangan pernah lupakan Khittah kita sebagai citra remaja masjid, yaitu muwahhid (pemersatu), mujahid (pejuang), Musyaddid (pelurus), muadddib (pendidik), mujaddid (pembaharu)”. 

“Selain itu, ada beberapa kewajiban pemuda remaja masjid, baca Al- Qur'an, teladani Akhlak Rasulullah, hormat dan patuh pemimpin, jujur, adil, pemaaf,” demikian Akhyar.(Cek Man/Rel)


SHARE :
 
Top