lamurionline.com -- Sabang : Untuk menciptakan kinerja yang maksimal dan tepat sasaran serta memenuhi target realisasi anggaran, Dewan Pengawas (Dewas) Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang (BPKS) gelar rapat evaluasi Kinerja triwulan pertama tahun anggaran 2021.



Rapat evaluasi Kinerja yang dilaksanakan di Lantai II Kantor BPKS, Senin (22/3/2021) tersebut dihadiri langsung oleh seluruh unsur Dewas yakni Mawardi Ismail, Munawar Liza Zainal, Muzammil dan Syukriah. Sementara dari BPKS turut hadir Wakil Kepala BPKS T Zanuarsyah, Deputi Umum Abdul Manan beserta Kepala Biro dan unsur Kepala Bagian di Kedeputian Umum BPKS.

Kunjungan kerja dan rapat evaluasi kinerja BPKS ini merupakan tugas rutin Dewas sebagaimana diatur dalam ketentuan pasal 16 Peraturan Pemerintah No 105 Tahun 2012 dan diperkuat Peraturan Gubernur Aceh selaku Ketua DKS Nomor 17 Tahun 2014 tentang organisasi dan tata kerja BPKS.

Penegasan itu disampaikan Mawardi Ismail membuka rapat evaluasi kinerja tersebut, menurutnya Dewan pengawas berhak mengevaluasi kinerja manajemen BPKS dan memberikan masukan serta saran dan pendapat terkait program kerja, pelaporan keuangan dan pengembangan SDM yang semuanya merupakan tugas dan fungsi terbentuknya Dewan Pengawas BPKS.

Selain mengevaluasi kinerja dan realisasi dalam kesempatan tersebut, Munawar Liza Zainal selaku salah seorang anggota Dewas juga menyorot tentang hak dan status kepegawaian serta program kerja yang dapat memberikan dampak pada masyarakat, mengingat hingga saat ini kurangnya pemahaman masyarakat terkait fungsi dan tupoksi BPKS. “Tentu dalam membangun daerah kawasan akan memberikan dampak yang buruk pada kinerja BPKS secara external,” ujarnya.

Menurut Munawar, dengan apa yang sudah diberikan oleh BPKS hinggga memberi dampak untuk masyarakat dinilai masih kurang maksimal dan butuh upaya keras khususnya di bidang kehumasan untuk terus menyampaikan informasi dan membenahi strategi kehumasan kearah yang lebih baik.

“Banyak hal yang seharusnya dapat kita perbaiki bersama, untuk BPKS yang lebih baik dan apapun yang kita kerjakan hari ini adalah untuk memberikan dampak pada ekonomi masyarakat yang lebih baik,” pungkasnya.

Sementara itu Wakil Kepala BPKS, T Zanuarsyah menyampaikan bahwa rapat evaluasi ini merupakan masukan terbaik, dan akan tetap dilaksanakan secara rutin setiap triwulan hingga program kerja BPKS dapat tepat sasaran, terealisasi dengan baik dan memberikan dampak pada masyarakat secara umum.

“Evaluasi dan masukan adalah hal terbaik untuk menjalankan BPKS kearah yang lebih baik, dapat bersinergi dan memberikan dampak yang siknifikan pada masyarakat,” tegasnya.

 Selain menggelar rapat di Kedeputian Umum BPKS, rombongan Dewas juga mengunjungi Kedeputian Komersil dan Investasi, Kedeputian Tehnik Pengembangan dan Tataruang (tekbang) serta unit Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) BPKS. Rombongan Dewas juga menjadwalkan kunjunganya ke Pelabuhan Penyeberangan Balohan yang dibangun BPKS.(Cek Man/Rel)

SHARE :
 
Top