LAMURIONLINE.COM | ACEH BESAR - Aceh Besar, Media Center--Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Aceh Besar Hj. Rahmah Abdullah, SH menghadiri kegiatan penyuluhan dan sosialisasi stunting di Desa Meunasah Mayang Lam Ujong Kecamatan Krueng Barona Jaya, Aceh Besar, Selasa  (9/3). 

Rahmah Abdullah, mengatakan sebagian besar masyarakat belum mengetahui yang disebut dengan stunting. Stunting adalah masalah kurang gizi kronis yang disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dalam waktu yang lama, sehingga menyebabkan gangguan pertumbuhan pada anak. 

“Stunting adalah suatu kondisi, menampakkan tinggi badan seseorang yang lebih pendek dibanding tinggi badan orang lain pada umumnya. Adapun penyebab anak terkena stunting adalah faktor gizi buruk dan faktor penyakit lain,” jelasnya. 

Stunting memiliki dampak yang sangat buruk, selain bentuk tubuh anak yang pendek, perkembangan otak anak juga bakal menurun 30 persen dari anak-anak normal. 






“Karena dampak Stunting sangat besar pada pertumbuhan anak, diperlukan penanganan serius dengan memberikan asupan gizi pada ibu hamil dan balita serta menjaga lingkungan agar tetap terjamin kebersihannya,” terangnya. 

Untuk mewujudkan kesehatan masyarakat, Rahmah Abdullah, mengharapkan komitmen kerja bersama antara pemerintah, baik sektor kesehatan maupun nonkesehatan serta swasta dalam pembangunan pangan dan gizi. 

“Masalah gizi ini merupakan masalah kita bersama dan memerlukan koordinasi lintas sektoral. Mencegah stunting berarti investasi bangsa untuk menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing tinggi di dunia,”jelasnya. 

Turut dihadiri oleh Perwakilan dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong, Kepala Dinas Kesehatan Aceh Besar, Camat Kecamatan Krueng Barona Jaya, Kader Posyandu serta pengurus PKK Kabupaten Aceh Besar. 

Media Center Aceh Besar

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top