lamurionline.com -- Indrapuri : Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Aceh Besar menyelenggarakan serangkaian perlombaan yang di kemas dalam kegiatan yang diberi Nama MANTAB FAIR 2021. Kegiatan tersebut akan diselenggarakan selama 2 hari yaitu pada Senin s.d. Selasa tanggal 08-09 Maret 2021.



Acara tersebut merupakan kegiatan rutinitas yang diselenggarakan setiap tahun dengan peserta dari berbagai SMP/MTsN di Tingkat Kabupaten Aceh Besar. "Ini merupakan kegiatan yang di laksanakan setiap tahun di MAN 3 Aceh Besar, dan Alhamdulillah ini sudah yang ke-13 kalinya" kata Bapak Rahmat, S.Pd.I selaku Ketua Panitia Pelaksana.

Menurut beliau, biasanya peserta yang di undang dalam kegiatan ini adalah seluruh Sekolah di tingkat SMP/MTsN yang ada di Kabupaten Aceh Besar, akan tetapi tahun ini hanya di batasi dalam wilayah kecamatan Indrapuri, Kuta Cot Glie, Kuta Malaka dan Seulimum karena sedang wabah COVID-19. 

Kegiatan juga hanya dibatasi 5 cabang perlombaan dengan memperebutkan 8 kategori, diantaranya Volly Ball Putra dan Putri, MTQ Putra dan Putri, Olimpiade Putra dan Putri, Rangking I serta Cerdas Cermat.

Bapak Azwir, S.Pd.I selaku Plt. Kepala MAN 3 Aceh Besar dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menyaring bakat-bakat siswa tingkat SMP/MTsN yang nantinya akan di undang untuk masuk atau melanjutkan sekolah di MAN 3 Aceh Besar melalui jalur khusus. "Melalui acara ini, terus terang kami sampaikan bahwa, maksud dan tujuan utama dari kegiatan ini adalah promosi sekolah, agar Siswa-siswi yang sudah kelas 3 SMP/MTsN bisa melihat sendiri keadaan dan situasi di MAN 3 Aceh Besar, sehingga nantinya bisa tertarik untuk melanjutkan sekolah di sini, dan selanjutnya setelah tamat nanntinya bisa lulus di berbagai kampus ternama". Tambah beliau.



Beliau juga menyampaikan bahwa tujuan lain dari penyelenggaraan MANTAB FAIR ini adalah untuk melatih Siswa-siswi MAN 3 Aceh Besar agar terbiasa dalam mengisi setiap posisi-posisi dalam setiap event organiger, baik itu sebagai MC, Qari, maupun Penanggung jawab kegiatan, yang suatu saat nanti bisa berguna di tengah-tengah Masyarakat maupun ketika melanjutkan Studi ke tingkat Perguruan Tinggi. "Sebagai contoh, ada salah satu alumni kita yang kami undang untuk hadir dalam kegiatan ini menyampaikan permohonan maaf, tidak bisa hadir karena sedang menjadi MC di kegiatan lain di kampusnya" Bapak Azwir menjelaskan.

Kegiatan yang mengusung tema "Hebat bersama Madrasah" ini secara resmi di buka oleh Kasi Pendidikan Madrasah Kantor Kemeterian Agama Aceh Besar Bapak Suryadi, S. Ag. pada Senin, 08 Maret 2021 pukul 09.00 WIB.

Dalam sambutannya Bapak Suryadi mengatakan, kegiatan seperti ini memang harus sering dilakukan untuk mencari dan melatih generasi-generasi berbakat yang suatu saat nanti akan menjadi orang-orang hebat dan mengisi berbagai posisi strategis yang ada dalam masyarakat. "Jika melihat historis, daerah kita ini  walaupun agak ke pendalaman memang punya sumber daya manusia yang unggul, banyak tokoh-tokoh hebat lahir dari sini, ada yang sudah menjadi Profesor, Doktor dan lain sebagainya". Pungkasnya



"Mereka ini perlu kita latih dan kita asah bakatnya menjadi generasi-generasi emas dan berharga. Ibarat sebuah emas yang walaupun di temukan di pegunungan atau sungai, di saring dari tanah dan lumpur mereka akan sangat berharga setelah di tempa menjadi perhiasan". Harap beliau (Cek Man/Ril)

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top