LAMURIONLINE.COM I ACEH - Dayah Darul Quran Aceh (DQA) mengelar Mukhayyam Ramadhan 1442 H mulai 18 April-20 Mei 2020 bertepatan dengan 06-20 Ramadhan 1442 H di dayah tersebut jalan Banda Aceh-Medan, Km 19,5 Gampong Tumbo Baro, Kecamatan Kuta Malaka, Aceh Besar.

Kegiatan dengan tema “Rayakan Ramadhan Bersama Al-Qur’an” itu diikuti oleh 126 santri putra dan 37 santri putri dari kelas VII SMP sd kelas X SMA dan dibuka langsung oleh Direktur Darul Quran Aceh, Ustaz Hajarul Akbar Al Hafiz, MA. Khusus untuk santri putri berlangsung di Peuniti, Banda Aceh.

Ketua Panitia Pelaksana, Ustaz Budi Muyasir, SH, Selasa (20/04/2021) mengatakan kegiatan tersebut sudah berjalan sejak awal DQA didirikan dan tidak dipungut biaya alias gratis. Saat ini dikarekakan masih pandemi maka kegiatan tersebut menjadi program khusus bagi santri DQA pada bulan Ramadhan 1442 H.

Ustaz Budi Muyasir menjelaskan program tersebut untuk mengisi bulan Ramadhan dengan kegiatan yang dapat meningkatkan kuantitas dan kualitas santri, khususnya di bidang Al-Qur'an. Terlebih lagi bulan ini juga dikenal dengan istilah Syahrul Quran (bulannya Al-Qur’an) yang didalamnya juga diturunkan Al-Qur’an.

“Selain itu untuk memanfaatkan moment Ramadhan dengan baik. Dimana Dayah DQA yang backgroundnya Al-Qur’an bidang tahfiz maka kita tingkatkan pula hafalan Al-Qur’an para santri tersebut,” kata Ustaz Budi Muyasir.

Ia menambahkan terdapat sejumlah materi yang telah disiapkan untuk kegiatan tersebut, diantaranya takhassus halaqah Al-Qur’an, i’tikaf, taujih/nasehat-nasehat religi dan juga melatih santri berceramah langsung usai shalat tarawih berjamaah.

Sementara itu Direktur Darul Quran Aceh Ustaz Hajarul Akbar Al Hafiz, MA dalam sambutannya saat membuka acara menyampaikan pentingnya memanfaatkan waktu dengan baik dan menjaga kestabilan diri dalam beraktifitas. 

Terlebih lagi para santri DQA yang mengikuti program Mukhayyam ini harus menetapkan target yang ingin dicapai pada Ramadhan 1442 H dan tentunya haruslah lebih baik dari tahun tahun sebelumnya.

Ustaz Hajarul Akbar menambahkan untuk mencapai itu semua dibutuhkan kesabaran, seperti dalam sebuah pepatah arab dikatakan “bisshabri tanalu ma turiid” yang artinya dengan kesabaran kita bisa mencapai apapun dan kesabaran itulah kunci kesuksesan. 

“Semoga dengan kegiatan tersebut para santri akan terpacu untuk terus menghafal Al-Qur'an dan InsyaAllah akan mendapatkan kerberkahan dari apa yang dilakukan pada bulan yang mulia ini. Mudah-mudahan Allah jadikan Ahlul Quran para penghafal Al-Qur'an," Pungkas Ustaz Hajarul Akbar. (murdani/rel)

SHARE :
 
Top