Amil Baitul Mal Aceh sedang memberikan arahan kepada calon mustahik yang ingin mendaftar bantuan peralatan kerja.

LAMURIONLINE.COM | BANDA ACEH - Pendaftaran permohonan Bantuan Peralatan Kerja Baitul Mal Aceh (BMA) Tahun 2021 resmi ditutup pada 31 Maret 2021. Hingga pukul 00.00 WIB, total pendaftar mencapai 9.352 orang melalui online.

Dari jumlah tersebut, tim amil BMA akan menjadwalkan seleksi administrasi, selanjutnya, verifikasi lapangan, penetapan mustahik, dan terakhir yaitu penyaluran. Jumlah tersebut menandakan bahwa keinginan masyarakat untuk mendapatkan bantuan peralatan kerja sangat tinggi.

Seperti diberitakan sebelumnya, Kepala Sekretariat BMA, Rahmad Raden menjelaskan, untuk tahap pertama, pendaftaran bantuan alat kerja untuk masyarakat Kota Banda Aceh dan Aceh Besar sebagai pilot project. Tahap berikutnya setelah Ramadan akan berekspansi ke kabupaten/kota lainnya melalui Baitul Mal kabupaten/kota yang selama ini bagus koordinasinya dengan BMA.

“Saya tegaskan bahwa bantuan ini bersumber dari dana zakat, bagi yang merasa tidak berhak menerima zakat, sebaiknya tidak mendaftarkan bantuan ini karena bantuan alat kerja ini khusus untuk orang miskin,” tegasnya.

Sasaran utama dari program tersebut adalah masyarakat miskin yang membutuhkan alat-alat kerja untuk menunjang usaha yang sedang digelutinya.

Sektor yang menjadi sasaran BMA, antara lain perdagangan, perikanan (kelautan/tambak darat), pertukangan, perbengkelan, industri rumah tangga, pertanian, dan jasa.

Pendaftaran dilakukan dengan mengisi formulir yang dapat dibuka melalui tautan bit.ly/alatkerjaBMA2021. Ada pun persyaratan untuk mendapatkan bantuan tersebut, di antaranya berdomisili di Banda Aceh atau Aceh Besar, berasal dari keluarga kurang mampu/berpenghasilan di bawah Rp2,5 juta per bulan, dan saat ini sedang menjalankan usaha atas nama pribadi. [hayatullah/rel]

SHARE :
 
Top