lamurionline.com -- Banda Aceh : Sekretaris Fraksi PAN DPRK Banda Aceh, Dr Musriadi MPd, mengatakan kepala sekolah memiliki peranan yang sangat strategis dalam peningkatan mutu satuan pendidikan, karena kepsek adalah seorang pemimpin, pelopor, dan sekaligus agent of change di sekolah yang dipimpinnya.

FOTO/ HUMAS DPRK BANDA ACEH
Sekretaris Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) Dewan Perwakilan Rakyat Kota Banda Aceh, Dr Musriadi Aswad MPd


Dengan kata lain, kinerja dan karakter sebuah sekolah sangat bergantung kepada peran seorang kepala sekolah.

“Untuk menghasikan kepala sekolah yang memiliki karakter, maka Kemendikbud perlu mewajibkan kepala sekolah memiliki sertifikat lulus diklat calon kepala sekolah,” kata Musriadi, Senin (3/5/2021).

Musriadi menyampaikan, untuk mengantisipasi kekosongan kepala sekolah di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Banda Aceh baik dalam status pelaksana tugas maupun yang memasuki pensiun, agar segera mungkin dilakukan seleksi calon kepala sekolah baik SD maupun SMP.

Ia mengatakan, setiap kepala sekolah harus memiliki nomor unik kepala sekolah (NUKS) yang terdata di data base secara nasional. Ini merupakan salah satu syarat yang harus dipenuhi oleh kepala sekolah maupun pelaksana tugas, sebab yang duduk di jabatan tersebut wajib memiliki NUKS.

Mengingat peran pentingnya kepala sekolah tersebut, menurut Musriadi, maka sangatlah harus benar-benar serius dalam menentukan dan menetapkan kepala sekolah. Bahkan, begitu pentingnya kepala sekolah dalam dunia pendidikan, sehingga dalam penentuan dan kriteria kepala sekolah pun diatur begitu ketat dan terukur dalam Permendikbud Nomor 6 Tahun 2018.

“Persyaratan untuk menjadi kepala sekolah harus mengikuti pelatihan Cakep agar bisa mendapatkan sertifikat,” ujarnya.

Musriadi menambahkan, dari data yang diterima pihaknya, ada delapan unit sekolah dasar negeri (SDN) di bawah Disdikbud Kota Banda Aceh yang masih kekurangan kepala sekolah, saat ini sekolah tersebut dijabat oleh pelaksana tugas (plt) untuk menjalankan manajemen sekolah.

“Kita berharap Disdikbud segera mencari solusi agar peran kepala sekolah sebagai pemimpin pembelajaran di sekolah, menjadi kunci penting dalam memajukan sekolah pada era Merdeka Belajar,” tutur politisi PAN ini. (MarDG/Rel)

SHARE :
 
Top