lamurionline.com -- Kota Jantho : Kepala Bappeda Aceh Besar Rahmawati SPd melakukan fasilitasi terhadap finalisasi Rancangan Akhir (Rankhir) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2022 bersama seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Aceh Besar di Aula Bappeda Aceh Besar, Kota Jantho, Kamis (8/7/2021).

FOTO/ DOK BAPPEDA ACEH BESAR
Kepala Bappeda Aceh Besar Rahmawati SPd memantau langsung fasilitasi Rancangan Akhir (Rankhir) RKPD Tahun 2022 bersama seluruh OPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Aceh Besar di Aula Bappeda Aceh Besar, Kota Jantho, Kamis (8/7/2021).



Pada kegiatan itu, Kepala Bappeda Aceh Besar turut didampingi oleh Sekretaris dan para Kepala Bidang (Kabid) serta Operator dari Bappeda. Turut hadir juga beberapa Kepala OPD yang memantau Operator Dinas masing-masing dalam penginputan Renja.

Kepala Bappeda Aceh Besar Rahmawati SPd menjelaskan tahapan Renja dilaksanakan mulai 8 sampai 13 Juli 2021 yang nantinya akan di serahkan ke Pemerintah Aceh melalui Bappeda Aceh. 

“Dalam beberapa hari ini kita akan terus pantau dan memfasilitasi review dan penginputan finalisasi Renja masing-masing OPD agar penyelesaian RKPD tepat pada waktunya dimana ini merupakan Tahun terakhir pencapaian sasaran visi dan misi Bupati Aceh Besar dalam RPJMD 2017 - 2022,” ujarnya.

Begitupun, Rahmawati mengatakan pihaknya akan merumuskan kembali indikator pada sub kegiatan masing-masing OPD agar capaian program kegiatan lebih efektif dan tepat sasaran dalam penganggaran nantinya.

Dalam proses perbaikan dan finalisasi ini, sebut Kepala Bappeda Aceh Besar dilaksanakan dengan membagi desk menjadi empat yaitu desk sarana dan prasarana yg terdiri dari enam dinas, desk sosial dan budaya terdiri dari 21 dinas. 

Selanjutnya, desk ekonomi dan ketenagakerjaan terdiri dari delapan dinas serta desk kecamatan (23 kecamatan). “Finalisasi di desk didampingi oleh kabid-kabid yang membidangi dan dibantu oleh para operator,” tutur Rahmawati.

Pada kesempatan itu, Rahmawati mengingatkan Kabid program pembangunan daerah Bappeda Aceh Besar yang menjadi leading sector untuk perencanaan daerah bahwa di desk semua dinas harus fokus pada perbaikan target indikator-indikator. 

“Dimana output bisa diukur dan juga jangan sampai melupakan hal yang menjadi kewajiban seprti gaji dan tunjangan ASN, kebutuhan rumah tangga dinas sendiri, serta subkegiatan dalam upaya pencapaian target RPJMD Pemkab Aceh Besar 2017-2022,” tutup Rahmawati.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Sosial Kabupaten Aceh Besar, Aulia Rahman SSTP, MSi menyampaikan apresiasi kepada Bappeda Aceh Besar yang telah memfasilitasi review dan perbaikan kembali terhadap Penyusunan Renja masing-masing OPD sehingga tahapan finalisasi RKPD dapat dilaksanakan. “Ini luar biasa penyusunan Renja cepat selesai,” pungkasnya. (Cek Man/Rel)


SHARE :
 
Top