lamurionline.com -- Aceh Besar : Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Besar rabu dan kamis (7-8 juli 2021) menggelar serangkaian aksi sosial di Kecamatan Pulo Aceh dan berlangsung di dua wilayah yaitu Pulo Breuh dan Pulo Nasi.



Kegiatan di mulai di Lampuyang dengan pelaksanaan isbat nikah bekerja sama dengan Mahkamah Syar'iyah Jantho untuk 13 pasangan Kepala Keluarga, 9 dari Pulo Breuh dan 3 dari Pulo Nasi. Di hadari Kakankemenag Aceh Besar H Abrar Zym SAg MH dan Kepala Mahkamah Syar'iyah Jantho Siti Salwa SHi MH dan para dewan hakim.  Menurut  Siti Salwa, bahwa mahkamah Syar'iyah Jantho berkomitmen  memprioritaskan kegiatan pelayanan isbat nikah untuk kawasan terpencil dan akan terus di laksanakan di masa mendatang.



Setelah pembukaan isbat nikah, Kakankemenag Aceh Besar H Abrar Zym di dampingi Kasubbag Tata Usaha H Khalid Wardana SAg MSi, Kasi Pendidikan Madrasah Suryadi SAg, Kasi Bimas Islam H Nazaruddin SE melakukan kunjungan ke Komplek Dayah Tgk Chik Lampuyang dan di sambut pimpinan Dayah Tgk M Jakfar Yaramis dan para santri.

Di Dayah Lampuyang kemenag Aceh Besar mengadakan serangkaian kegiatan yang meliputi Pembinaan Penyuluh Pengarusutamaan Moderasi beragama dan wawasan kebangsaan, Silaturrahmi dengan tokoh masyarakat Pulo Aceh, Penyerahan santunan untuk anak yatim dan bantuan operasional 3 lembaga pendidikan keagamaan yaitu  Dayah Tgk Chik Lampuyang, Dayah Safinatunnajah Lampuyang dan Balee Beut Al Ikhlas Gampong Seurapong.

Selama di Pulo Breuh rombongan Kemenag juga melakukan kunjungan napak tilas ke tempat menara mercusuar Willem's Toren yang di bangun kolonialisme Belanda tahun 1875 di Meulingge.

Selesai acara di Pulo Breuh Kakankemenag Aceh Besar di dampingi sejumlah kepala madrasah menyeberang ke Pulo Nasi untuk melakukan peninjauan ke MIN 47 Aceh Besar di Pasi Janeng untuk menyerahkan paket peralatan sekolah berupa tas, buku dan alat tulis untuk siswa MIN yang merupakan bagian dari program madrasah peduli dan mengadakan pertemuan dengan komite madrasah dan tokoh masyarakat Pulo Nasi.

Sebagai bentuk kebersamaan dan memperkuat ukhuwah islamiah, rombongan kemenag Aceh Besar menginap di kedua pulau terluar tersebut. (Cek Man)

SHARE :
 
Top