lamurionline.com -- Aceh Besar : Pengurus Cabang Asosiasi Penghulu Republik Indonesia (APRI) Kabupaten Aceh Besar periode 2021-2025, Rabu (8/9) di lantik dan di kukuhkan oleh Kakankemenag Aceh Besar H Abrar Zym SAg MH di tandai dengan penyerahan bendera pataka oleh ketua PW APRI Provinsi Aceh Drs Erman Jaya MAg di aula PLHUT Kemenag Aceh Besar di Kota Jantho. Pengurus yang di lantik terdiri dari Ketua Drs Suriadinata,  sekretaris Saifuddin SAg di lengkapi dengan beberapa bidang/departemen.



Turut hadir Kakanwil Kemenag Aceh DR H Iqbal Muhammad SAg MAg, Kabid Urais Binsyar Drs Marzuki MA bersama Kasi Kepenghuluan Khairuddin SAg, Kepala Mahkamah Syar'iyah Jantho Siti Salwa SHi MH, Kasubbag Tata Usaha H Khalid Wardana SAg MSi, para kepala seksi, kepala KUA dan Kepala Madrasah.

Dalam sambutannya Kakanwil Kemenag Aceh Dr. Iqbal mengajak para penghulu untuk mengemban dan menjalankan amanah sesuai dengan tugas dan tanggung jawab.

Terhadap penghulu yang di beri tugas tambahan sebagai Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) di minta untuk meningkatkan pelayanan dan memberi kemudahan bagi masyarakat. Jika kita melayani dengan prinsip memudahkan urusan orang lain, maka insya Allah akan di mudahkan urusan kita dalam sisi yang lainnya. Sebaliknya jika kita cenderung menyulitkan pasti kehidupan kita akan turut di warnai berbagai kesulitan.



Lebih lanjut Kakanwil mengingatkan para penghulu untuk selalu mempedomani aturan dan regulasi yang berlaku, bertugas di KUA kadangkala di goda  dengan berbagai materi,  pasangan pengantin dan wanita cantik, maka para penghulu di butuhkan integritas dan mampu mengantisipasi berbagai godaan. Para penghulu untuk tidak melakukan penyalah gunaan wewenang dan terseret ke ranah hukum, seperti mengeluarkan buku nikah tidak sesuai dengan aturan karena tergiur dengan fasilitas/materi. Ketika ada warga yang melakukan poligami tanpa melalui proses aturan yang berlaku dan izin dari istri pertama,  pasti mereka akan berusaha melakukan pendekatan kepada penghulu untuk mendapatkan buku nikah, jadi jangan sampai tergiur, harap Kakanwil.



Tugas kita sangat mulia, lalu memuliakan dan memudahkan urusan orang lain. Jika satu hari saja penghulu mogok, maka tidak hanya calon pengantin yang repot, tetapi  negara dalam hal ini   Kementerian Agama juga bisa repot, ujar Dr Iqbal di sambut tawa para hadirin.

Dalam kunjungan kerja ke ibukota Kabupaten Aceh Besar, di samping menghadiri pelantikan pengurus APRI, Kakanwil Kemenag Aceh juga melakukan peninjauan ke beberapa madrasah yang ada di Kota Jantho. (Khalid)

SHARE :
 
Top