LAMURIONLNE.COM I ACEH - Dayah Darul Quran Aceh (DQA) kembali membuka Pendaftaran Santri Baru (PSB) jenjang SMP dan SMA Tahun Pelajaran 2022/2023. Pendaftarannya secara online dan dapat dilakukan dari kediaman masing-masing dengan mengakses website www.dqa.sch.id

Ketua Panitia PSB Dayah DQA, Ustaz Khafizd Nur Huda, Kamis (17/11) mengatakan penerimaan santri baru tersebut melalui dua jalur, yaitu jalur prestasi dan reguler. Untuk jalur prestasi pendaftarannya mulai tanggal 22-27 November 2021, sedangkan jalur reguler mulai tanggal 08-16 Desember 2021.

“Bagi yang memilih jalur prestasi, gratis biaya pendaftaran dan juga bebas tes tulis,” kata Ustaz Khafidz.

Ia menjelaskan seleksi jalur prestasi diantaranya seleksi berkas dan wawancara calon santri dengan orang tua. Sedangkan jalur reguler mengikuti ujian tulis berbasis komputer, meliputi matematika, PAI, bahasa inggris, IPA dan bahasa arab (khusus jenjang SMA). Selain itu mengikuti ujian tahsin al-quran dan wawancara calon santri dan orang tua.

Adapun persyaratan untuk jalur prestasi diantaranya siswa-siswi kelas akhir SD/MI dan SMP/MTs, peringkat 5 besar dalam dua tahun terakhir dengan melampirkan surat keterangan dari sekolah. 

Selanjutnya memiliki prestasi dibidang Al-Quran atau akademik dan non-akademik dengan seleksi resmi yang diselenggarakan oleh pemerintah dan lembaga non pemerintah. Prestasi yang dimaksud adalah pernah mendapat juara (I, II, atau III) di tingkat Kabupaten/ Kota/ Provinsi/ Nasional/ Internasional yang dibuktikan dengan sertifikat/piagam penghargaan.

“Berkas pendaftaran tersebut di fotocopy dan dimasukkan dalam map warna hijau. Selanjutnya dikirim/diantar langsung ke Dayah Darul Quran Aceh Jl. Banda Aceh-Medan KM 19, Gampong Tumbo Baro, Kec. Kuta Malaka, Kab. Aceh Besar mulai tanggal 22-27 November 2021,” kata Ustaz Khafidz.

Ustaz Khafidz menambahkan yang menempuh jalur reguler persyaratannya yaitu siswa kelas VI SD/MI (untuk SMP) dan kelas IX SMP/MTsN (untuk SMA). Mengisi formulir secara online di www.dqa.sch.id dan membayar biaya pendaftaran. 

Selain itu mengikuti rangkaian kegiatan seleksi yaitu ujian tulis berbasis komputer (matematika, PAI, bahasa inggris, IPA dan bahasa arab), ujian tahsin Al-Quran, wawancara calon santri dan orang tua. Pada saat wawancara juga membawakan foto copy sertifikat prestasi dan surat keterangan sehat dari dokter atau puskesmas.

“Untuk informasi pendaftaran dan pelaksanaan tes dapat langsung menghubungi panitia PSB yaitu Ustaz Khafidz Nur Huda Hp.081326961214 dan Ustaz Budi Muyasir, SH Hp.082368771690, pada jam kerja mulai pukul  08.00 WIB – 17.00 WIB,” kata Ustaz Khafidz.

Sementara itu Direktur Dayah DQA Ustaz Hajarul Akbar Al Hafiz, MA mengatakan lembaga pendidikan yang dipimpinnya itu dalam proses belajar mengajar menerapkan kurikulum terpadu antara kurikulum Pasantren Moderen, Dayah Salafiyah dan Kurikulum Dinas Pendidikan Nasional.

“Dayah DQA merupakan lembaga pendidikan islam yang profesional dan berkualitas yang mampu melahirkan penghafal Al-Quran serta mimiliki akhlak, karakter dan berkompetensi di bidang akademik,” pungkas Ustaz Hajarul Akbar. (murdani/rel)

SHARE :
 
Top