LAMURIONLINE.COM | BANDA ACEH - Sebanyak 3.022 siswa-siswi dari Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri dan Swasta di Kota Banda Aceh mengikuti try out Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Kegiatan yang diprakasai oleh Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) itu dilaksanakan di semua SMA di Kota Banda Aceh, Selasa (4/1).

Ketua MKKS Banda Aceh Syarwan Joni, S.Pd M.Pd yang ikut meninjau langsung pelaksanaan kegiatan tersebut di SMA Negeri 15 Adidarma Banda, Jalan Pelangi No.23, Gampong Mulia, Kecamatan Kuta Alam, Banda Aceh menjelaskan try out gemilang dengan UTBK itu dilaksanakan dalam rangka persiapan bagi para siswa untuk tes masuk ke perguruan tinggi. Di Indonesia sendiri terdapat tiga jenis seleksi masuk perguruan tinggi negeri, yakni jalur SNMPTN, SBMPTN, dan jalur mandiri.

“Alhamdulillah, kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh siswa-siswi SMA Negeri dan Swasta di Kota Banda Aceh. Kita berharap dengan try out tersebut dapat memberikan rangsangan dan contoh kongkrit terhadap materi-materi UTBK kepada para anak didik agar bisa lulus di perguruan tinggi negeri,” kata Syarwan.

Syarwan menambahkan dengan try out tersebut akan dapat memberikan motivasi, efek dan feedback kepada sekolah serta menjadi baro meter bagi kesiapan sekolah untuk mempersiapkan siswa lulusan tahun 2022 yang akan melanjutkan ke perguruan tinggi negeri. 

Ketua MKKS Banda Aceh Syarwan Joni, S.Pd M.Pd didampingi Kepala di SMA Negeri 15 Adidarma, Zulfikar SE MSi ikut meninjau langsung pelaksanaan kegiatan try out UTBK di sekolah tersebut, Jalan Pelangi No.23, Gampong Mulia, Kecamatan Kuta Alam, Banda Aceh, Selasa (04/01/2022)

Sementara itu Ketua Panitia Pelaksana Muhammad Azhar Annas, ST menambahkan Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Banda Aceh dan Aceh Besar, Mohd Iqbal, ST MSi bersama rombongan ikut meninjau try out tersebut di beberapa sekolah. 

Ia menjelaskan materi yang di uji dalam UTBK tersebut diantaranya Tes Potensial Scholastik (TPS), yaitu mencakup kemampuan penalaran umum, kuantitatif, pengetahuan dan pemahaman umum serta kemampuan memahami bacaan dan menulis termasuk tes bahasa Inggris. 

Selain itu Tes Kemampuan Akademik (TPA), dimana tes ini tergantung kepada permintaan dan peminatan para siswa. Untuk kelompok Saintek terdiri dari matematika, IPA, FISIKA, BIOLOGI dan KIMIA. Sedangkan kelompok Soshum terdiri dari Sejarah, Ekonomi, Sosiologi, dan Geografi.

“Alhamdulillah, try out tersebut berlangsung aman dan tertib. Para siswa sangat antusias dalam mengikutinya. Adapun bagi siswa yang berhalangan ikut pada hari ini yang dikarenakan sedang sakit dan sebagainya maka ujian susulannya akan dilaksanakan pada hari Sabtu yang akan dating di tempat yang sama. Semoga semua siswa dapat mengikutinya,” pungkas Muhammad Azhar. (murdani/rel)

SHARE :
 
Top